Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan capaian akseptor KB dengan metode operasi pria (MOP) di wilayah itu meningkat signifikan.

"KB dengan MOP di Purwakarta ini capaiannya sangat signifikan, lebih dari 100 persen," kata bupati, di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis.

Ia menyampaikan target akseptor KB dengan metode operasi pria pada 2022 hanya 12 akseptor. Namun capaiannya 101 akseptor.

"Kondisi seperti ini baru pertama kali terjadi di Purwakarta, karena biasanya capaiannya hanya 100 persen dari target. Ini jauh melebihi target yang telah ditetapkan," kata dia.

Baca juga: Duta Genre berperan jadi public relations Program KB di Purwakarta
Baca juga: Pemkab Purwakarta berikan edukasi KB untuk tujuan kesejahteraan masyarakat

Menurut dia, selain karena kesadaran masyarakat yang sudah cukup tinggi atas pentingnya KB, capaian itu juga terwujud atas dukungan kader motivator KB serta dukungan lainnya melalui publikasi pada media massa, termasuk medsos.

"Tahun lalu capaiannya cukup signifikan, mudah-mudahan ke depannya bisa lebih meningkat lagi," katanya.

MOP atau vasektomi adalah operasi kecil yang dilakukan untuk mencegah transportasi pada testis dan alat kelamin laki-laki.

Vasektomi merupakan prosedur yang efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan karena bersifat permanen. Dalam kondisi normal, sperma diproduksi dalam testis.

Baca juga: Kader KB Purwakarta diminta terus berkonsolidasi hadapi tugas berat

Pada Selasa (14/2), Pemkab Purwakarta menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang mendukung program KB pria tahun 2023.

"Penghargaan di bidang KB ini bisa kita terima atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam program KB, mulai dari masyarakat hingga jajaran dinas terkait," katanya.

Ia mengungkapkan hasil yang bisa dipetik dari program KB itu bentuk keseriusan jajaran Pemkab Purwakarta dalam mewujudkan suksesnya program KB di Indonesia, khususnya di wilayah tersebut.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023