Bogor (Antara Megapolitan) - Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, sedang merancang model pemberdayaan lansia atau kelompok lanjut usia dalam rangka meningkatkan kesehatan keluarga menuju lansia sehat dan produktif.

"Selama ini lansia selalu menjadi objek, namun ke depannya diharapkan dapat menjadi subjek dan menjadi agen perubahan minimal di keluarganya sendiri," kata Kepala Bidang kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Pinantari Hanum, Kamis.

Ia mengatakan dalam rangka mencari model pemberdayaan lansia tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Yayasan Peduli Kesehatan Usia Lanjut (Pelita Usila) menggelar workshop tentang peningkatan kapasitas lansia menuju lansia sehat dan produktif.

"Worskhop ini digelar untuk mencari bentuk atau model dalam pemberdayaan lansia dalam meningkatkan kesehatan keluarga," katanya.

Workshop tersebut diikuti peserta yang berasal dari perwakilan Puskesmas dan kelurahan se-Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Kegiatan tersebut diawali dengan kelompok diskusi terarah. Dalam forum diskusi tersebut tim mengidentifikasi apa yang menjadi permasalahan, kebutuhan, dan harapan lansia di masing-masing wilayah.

"Melalui workshop ini kami akan membentuk kelas-kelas khusus lansia minimal di lima kelurahan," katanya.

Ia mengatakan lima kelurahan tersebut ditunjuk berdasarkan jumlah lansia yang terdapat di wilayah tersebut, yakni Kelurahan Mekarwangi, Kedung Badak, Kebon Pedes, Tanah Sareal, dan Cibadak.

Hasil forum diskusi tersebut dibahas oleh peserta yang hadir dalam workshop. Sasaran kelas lansia tersebut adalah terciptanya lansia yang sehat, punya kemampuan, serta produktif. Usia lansia yang menjadi sasaran dari 60 sampai 90 tahun.

"Kegiatan workshop tahap awal ini kami fokuskan di Kecamatan Tanah Sareal. Jika berhasil maka akan dikembangkan di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Bogor, bahkan dapat diperluas ke kabupatan yang ada di wilayah Indonesia," kata Sri.

Dinas Kesehatan Kota Bogor memiliki komitmen untuk mendorong agar kaum lanjut usia atau lansia tetap produktif, sehat, dan mandiri sehingga dapat menikmati hari tuanya dengan lebih bermanfaat.

Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk memperhatikan kesehatan sejak dari kandungan hingga usia lanjut.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016