Polres Kabupaten Karawang menerapkan tindakan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) serta teguran kepada masyarakat pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas, dalam Operasi Keselamatan Lodaya pada 7-20 Februari 2023.

"Tidak ada tilang manual dalam Operasi Keselamatan Lodaya 2023. Pelanggaran akan ditindak melalui tilang elektronik  dan teguran," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP LD Habibi Ade Jama di Karawang, Kamis. 

Satlantas Polres Karawang mendorong anggotanya untuk menyosialisasikan Operasi Keselamatan Lodaya 2023 dengan membagikan pamflet atau stiker ke seluruh warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Operasi Keselamatan Lodaya bertujuan mengajak warga Karawang agar bisa lebih disiplin menaati aturan lalu lintas yang berlaku serta menjaga situasi kondusif.

Kali ini sosialisasi menyasar Jalan Interchange Karawang Barat, yang kebetulan di sana terdapat karyawan swasta, buruh pabrik dan membagikan stiker kepada mereka.

Meski ada sanksi penilangan,  dalam operasi itu kepolisian akan mengedepankan sikap humanis dan edukatif,kecuali pelanggaran berat yang bisa mengancam keselamatan di jalan raya.

Operasi Keselamatan Lodaya 2023 berlangsung dari tanggal 7-20 Februari. Jajaran Satlantas Polres Karawang akan lebih mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif.

"Sebenarnya tujuan dari operasi tersebut adalah untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta jumlah kecelakaan juga masuk prioritas," katanya.

Diharapkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat bisa lebih bertumbuh seiring digelarnya Operasi Keselamatan Lodaya 2023 ini.

Menurut dia, sosialisasi yang disampaikan oleh petugas ialah segala jenis pelanggaran yang kasat mata seperti melawan arah, tidak memakai helm, bonceng tiga, berkendara dengan ugal-ugalan serta potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan maupun pelanggaran. Selain itu juga mengenai potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, baik di jalan tol maun non-tol.

"Kami akan terus mengimbau masyarakat melalui sosialisaai supaya secara sadar dan disiplin mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Demi Karawang jadi Kabupaten Tertib Lalu Lintas," katanya. 

Baca juga: Ini motif pembunuhan yang dilakukan pasangan suami istri di Karawang

Baca juga: Polres Karawang ajak para pegiat medsos bersinergi

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023