Cikarang, Bekasi, (Antara Megapolitan) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dalam tahun ini menurun menjadi 1.817 tahun 2015 tercatat 1863 calon haji yang diberangkatkan ke Mekkah.

"Jadi penurunannya 46 calon haji dari tahun lalu, dan diberangkatkan pada 14 Agustus 2016," kata Staf Haji Kemenag Kabupaten Bekasi, Mahmud di Kabupaten Bekasi, Rabu.

Menurut dia, pada tahun ini dibagi menjadi delapan kloter yaitu 16, 28, 33, dan 53. Sedangkan dikloter 56 akan digabungkan dengan Bandung Barat.

Namun untuk kloter 60 dengan Kota Cimahi, 64 berangkat dari Kabupaten Tasikmalaya. Dan kloter 68 dari Kabupaten Bekasi.

Ia menambahkan jumlah calon haji terbanyak masih yang mendominasi warga dari Kecamatan Tambun Selatan dan Cikarang Barat.

Sementara itu calon haji tertua pada umur 84 tahun. Berdasarkan aturan yang berlaku maka calon haji ini diberangkatkan lebih awal dan diberikan fasilitas berupa kursi roda.

Sedangkan calon haji dari Kabupaten Bekasi rata-rata berumur 30 tahun. Tetapi ada salah seorang calon haji yang ditunda keberangkatannya, dikarenakan sedang hamil.

Ini dilakukan untuk menjaga sang ibu hamil, agar lebih aman, dikarenakan cuaca di Mekah cukup panas, dan perlu banyak tenaga.

Dalam pemantapan calon haji sebelum berangkat, maka dilakukan manasik di tingkat kabupaten sebanyak dua kali dan kecamatan enam kali.

Sedangkan untuk persyaratan sudah dilengkapi oleh calon haji, dan saat ini sedang dilakukan pengecekan visa yang akan digunakan.

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016