Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, turut serta merealisasikan wisata bahari nusantara di Ekowisata Jembatan Cinta, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya yang diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut Republik Indonesia.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Selasa, mengapresiasi upaya TNI Angkatan Laut melalui Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang ingin menjadikan Ekowisata Jembatan Cinta Tarumajaya sebagai wisata bahari nusantara.

Menurut dia destinasi wisata Jembatan Cinta memiliki potensi besar untuk mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pesisir utara Kabupaten Bekasi melalui transformasi pengembangan objek wisata ini.

"Kami mengambil langkah progresif, koordinasi dengan TNI AL, apa saja yang akan dikembangkan dan dukungan yang diperlukan. Pemkab Bekasi dan Pemprov Jabar siap support penuh agar bisa lebih baik," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan pemerintah daerah bersinergi dengan kelompok sadar wisata setempat untuk mengoptimalkan pengembangan potensi yang ada di Ekowisata Jembatan Cinta.

Dia juga mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mengunjungi dan meramaikan Ekowisata Jembatan Cinta sebagai salah satu objek wisata bahari favorit di Kabupaten Bekasi.

"Ekowisata Jembatan Cinta ini wajib dikunjungi sebagai tempat healing bagi warga Kabupaten Bekasi, banyak spot menarik yang bisa dinikmati di sini. Saya berharap, warga Kabupaten Bekasi sebelum ke daerah lain, explore dulu wisata lokal," katanya.

Ia menjelaskan destinasi wisata maritim ini dibangun pada tahun 2015 dengan luas 7,3 hektare dan kini telah menjelma sebagai salah satu objek tujuan wisatawan unggulan di Kabupaten Bekasi.

"Tentu jika ini semakin berkembang maka akan semakin banyak lagi perputaran uang di sini yang akan menambah sumber penghasilan masyarakat sekitar. Kami yakin ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Tarumajaya, karena semua sektor pasti bergerak dan saling berkesinambungan demi memajukan wisata lokal ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kolinlamil Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto mengatakan pencanangan wisata bahari nusantara akan dilakukan serentak tahun ini secara nasional dari Sabang sampai Merauke.

"Dan Kabupaten Bekasi menjadi salah satunya. Objek wisata Jembatan Cinta dengan segala potensi besar yang dimiliki akan menjadi bagian dari pencanangan ini," kata dia.

Baca juga: Sandi minta kepala daerah beritahu tempat wisata tersembunyi

Baca juga: Ancol sediakan motor listrik sebanyak 60 unit untuk disewakan pada pengunjung

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023