Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno minta kepala daerah memberitahukan dirinya tempat wisata yang masih tersembunyi (hidden gems) di masing-masing daerahnya agar bisa dipromosikan sehingga bisa mengundang wisatawan untuk berdatangan.

Sandi dalam peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu, mengatakan kepala daerah lebih mengetahui daerahnya masing-masing termasuk tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

"Saya ingin Pak Gubernur dan Pak Walikota dan Bu Walikota, Pak Bupati dan Bu Bupati, memberitahu jika ada hidden gems, ada (tempat wisata) yang tersembunyi yang belum kami tahu," katanya.

"Tolong saya diberitahu, saya akan promosikan. Karena jika kita promosikan, InsyaAllah akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang,” katanya menambahkan.

Sementara itu KEN 2023  menghadirkan 110 event unggulan berdasarkan hasil kurasi dari 38 provinsi,diharapkan mendorong kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancengara (wisman) semakin berkualitas dengan memberikan dampak ekonomi terhadap negara.

Selain KEN 2023, Menparekraf juga meluncurkan Sportive (klasifikasi khusus untuk sport, music, dan creative festival) yang pada tahun ini bakal ada 65 event portive di Indonesia.

Baca juga: Pertambangan pasir yang ditutup Dedi Mulyadi kini jadi kawasan wisata

Baca juga: Menparekraf optimis adanya peningkatan jumlah wisatawan tahun ini

Baca juga: Banyuwangi bisa diintegrasikan dengan Bali Barat, kata Sandi

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023