Bagi sebagian orang mungkin ketika menyebutkan kata desa, identik dengan perkampungan dan minus teknologi dalam tata kelola pemerintahannya.

Namun paradigma itu sudah mulai terkikis, seiring dengan tumbuhnya kesadaran pemerintah baik pusat maupun daerah yang memprioritaskan basis pembangunannya di desa, sehingga muncul lah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintahan desa. 

China berhasil menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia, bahkan selama pandemi mengalami pertumbuhan ekonomi positif sebesar tiga persen di saat pertumbuhan ekonomi global mengalami minus empat persen.

Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan desanya. Desa Huaxy menjadi desa termaju di China, bahkan tercatat sebagai desa terkaya di dunia.

Baca juga: Esensi Perayaan Tahun Baru 2022

Huaxy berasal dari nama Sungai Huaxy yang terletak di sebelah timur Jiangyin Provinsi Jiangsu China dengan populasi 328.700 jiwa. Pada mulanya desa ini merupakan desa yang kumuh, namun kemudian tumbuh pesat seiring dengan reformasi ekonomi besar besaran di China dalam 30 tahun terakhir. 

Keberhasilan Desa Huaxy diawali dengan adanya kerja sama antara petani dan koperasi yang diberi bagi hasil sebesar 20 persen jika mendapatkan keuntungan, sementara jika mengalami kerugian para petani tidak ikut menanggung. 

Berawal dari keberhasilan sebelumnya, Desa Huaxy membangun industri baja sebagai mata pencaharian utama. Dari keuntungan yang didapatkan mampu membangun hotel bintang lima yang berlapis emas dan landmark tertinggi ke-15 di dunia.

Baca juga: Gus Udin ajak mahasiswa Bogor bersama-sama tangkal radikalisme

Kebangkitan perekonomian Desa Huaxy berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Salah satunya pemberian minyak goreng secara gratis dan layanan kesehatan serta pendidikan gratis untuk masyarakatnya. Penduduk Huaxy yang dahulunya miskin, saat ini telah memiliki rumah dan mobil mewah. 

Pada tahun 2011 tepat pada hari jadi ke-50, Desa Huaxi  membangun pencakar langit yang diberi nama Zengdi Kongzhong. Karena tingginya ekonomi desa tersebut menjadikan helikopter sebagai salah satu alat transportasi umum. 

Baca juga: Laju pertumbuhan ekonomi Bogor kembali melesat pada 2021

Keberhasilan Desa Huaxy menjadi salah satu penyemangat untuk kita bersama, bahwa desa tidak bisa pandang sebelah mata. Indonesia akan maju jika desanya maju. Begitupun Kabupaten Bogor akan maju, jika desanya maju. 

Salam semangat untuk para kepala desa.

#mudadidepan

*) Anggota Tim Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor
Dosen Ilmu Politik Universitas Djuanda Bogor

Pewarta: Dr. (cand) Aep Saepudin Muhtar / Gus Udin

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023