Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) segera melanjutkan pembangunan Tugu Pancakarsa yang berlokasi di Simpang Sirkuit Sentul, Bogor.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika di Cibinong, Bogor, Jabar, Jumat, menyebutkan bahwa pihaknya akan membangun mahkota pada bagian atas Tugu Pancakarsa menggunakan APBD 2023.

Meski belum memiliki konsepnya, menurutnya, model mahkota yang akan dibangun akan terinspirasi dari logo Pemkab Bogor. Ia menilai elemen-elemen pada logo Kabupaten Bogor itu sudah sangat filosofis.

Baca juga: Air mancur di Tugu Pancakarsa Bogor mulai dioperasikan
Baca juga: Ade Yasin: Tugu Pancakarsa di Simpang Sirkuit Sentul jadi ikon baru Kabupaten Bogor

"Kan sebetulnya, apa yang ada di dalam logo (Pemkab Bogor) itu, sudah meliputi semua aspek baik sosial ekonomi budaya, itu sudah melambangkan," katanya.

Namun, Ajat menjelaskan bahwa elemen yang akan diambil dari logo Pemkab Bogor hanya sebagian saja, tidak menyeluruh.

"Kalau (logo) Pemda kan ada kuningnya, tapi kalau lambang Kabupaten Bogor sendiri ada yang di hijaunya itu, di dalamnya, yang Sayaga, Prayoga, Tohaga itu. Kemarin menyampaikan logo itulah yang ditonjolkan," paparnya.

Baca juga: Bupati Bogor meresmikan enam taman sekaligus

Tugu Pancakarsa diresmikan oleh Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin pada akhir 2021 bersamaan dengan lima taman lainnya yang juga dibangun menggunakan APBD 2021.

Pembangunan Tugu Pancakarsa merupakan salah satu dari program mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project yang menggunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar.

City Beautification Project meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023