Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana meninjau kesiapan personel dan pengamanan serta penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas di Kawasan Puncak Bogor selama Operasi Lilin Lodaya 2022 mulai H-2 libur Natal pada Jumat (23/12) hingga libur Tahun Baru 2023. 

"Kami bersama Dirlantas dan Dirtimsus bersama Kapolres beberapa hari ini melaksanakan pengecekan dan kontrol seluruh kehadiran anggota, khususnya di Polda Jawa Barat yang akan melaksanakan Operasi Kemanusiaan Natal dan Tahun Baru," kata Irjen Pol Suntana di Pos pelayanan terpadu di pos lantas 2B simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jumat. 

Irjen Pol Sasaran menerangkan operasi ini bertujuan memastikan mobilisasi masyarakat yang beragama Nasrani melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru dan kegiatan lain dengan lancar.

Begitupun juga bagi masyarakat saat akan memanfaatkan waktu libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru dari Jakarta ke wilayah yang ada di Jawa Barat.

"Kami memastikan juga tempat-tempat wisata, karena Jawa Barat diperkirakan hampir 1,3 juta akan datang ke Jawa Barat untuk wisata," katanya. 

Irjen Pol Suntana menyatakan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman terkendali, terhindar dari upaya-upaya pemerasan dan premanisme selama waktu libur akhir tahun ini. 

Berkaitan dengan itu, Polda Jabar telah menurunkan 26-27 ribu personel di seluruh wilayahnya untuk bekerja sama dengan instansi terkait mengamankan dan melayani masyarakat selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru ini. 

Puluhan ribu personel itu tersebar di 330 pos  pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan). 

Di setiap pospam yang besar seperti sekarang di Gadog, kata dia, ada sentra vaksinasi untuk booster, karena penyebaran COVID-19 masih ada.  

 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022