Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat, berupa paket sembako, uang tunai, perlengkapan balita, dan lain-lain pada Minggu.

"Bantuan yang kami salurkan ini merupakan donasi yang berasal dari PT Triputra Energi Megatara. Penyerahan bantuan ini disaksikan langsung aparat pemerintahan  desa dan kecamatan," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi, Minggu.

Menurut Hondo, perusahaan ini sudah lama menjadi mitra dan selalu mempercayakan penyaluran donasi melalui PMI. Ia mengapresiasi Triputra Energi Megatara yang peduli terhadap korban bencana gempa di Kabupaten Sukabumi maupun Cianjur.

Baca juga: PMI mulai distribusikan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Sukabumi

Selain itu, kepedulian itu telah membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan bencana gempa bumi, khususnya di Kabupaten Sukabumi agar para penyintas bisa segera pulih dan bangkit kembali.

"Tentunya, perusahaan yang bergerak di bidang 'trading' energi ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain sehingga ekonomi para penyintas bencana kembali tumbuh dan bisa beraktivitas seperti sediakala," katanya.

Pada penyaluran bantuan tahap pertama ini, difokuskan untuk warga yang rumahnya ambruk dan mengungsi di Kecamatan Sukaraja dan Caringin.

Baca juga: PMI salurkan bantuan untuk penyintas gempa di Kabupaten Sukabumi

"Untuk tahap awal ini kami fokuskan terlebih dahulu untuk korban gempa yang rumahnya rusak berat atau ambruk dan mengungsi. Diharapkan bantuan yang diberikan PT Triputra Energi Megatara melalui PMI bisa meringankan penderitaan mereka dan membangun kembali rumahnya," tambahnya.

Sementara, Marketing PT Triputra Energi Megatara Jesica Natalie mengatakan donasi yang disalurkan melalui PMI berasal dari hasil lelang perusahaannya. Ia mempercayakan penyaluran bantuan itu kepada PMI karena sudah lama menjalin kerja sama dalam berbagai kegiatan sosial.

Adapun bantuan yang diserahkan untuk para penyintas gempa di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur berupa perlengkapan balita, perlengkapan tidur, mandi, sekolah, rumah tangga, uang tunai, paket sembako, dan lainnya.

Baca juga: Relawan PMI Sukabumi diterjunkan ke Cianjur bantu penanganan pascagempa

"Kami akan kembali menyalurkan bantuan serupa di kemudian hari yang tujuannya untuk meringankan penderitaan para korban gempa dan turut membantu pemulihan upaya percepatan pemulihan pascabencana," katanya.

Penyaluran paket bantuan ini diberikan secara simbolis kepada keluarga Edi warga Kecamatan Sukaraja, salah satu penyintas gempa yang rumahnya mengalami rusak berat. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022