BUMN PT Pupuk Kujang akan terus menerapkan konsep peduli lingkungan atau "go green" dalam setiap aktivitas pabrik untuk mendukung program industri bersih yang konsisten sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Dalam menjalankan operasinya, Pupuk Kujang terus berkomitmen mendukung program industri bersih yang konsisten. Kita terus mendukung supaya lingkungan menjadi lebih baik," kata Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang, Robert Sarjaka, di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Hasilnya, kata dia, Kementerian Perindustrian mengapresiasi dengan memberikan sertifikasi industri hijau kepada Pupuk Kujang, untuk yang kelima kalinya.

Baca juga: PT Pupuk Kujang latih warga sekitar perusahaan membuat minyak kayu putih

“Pupuk Kujang selalu konsisten mendapat penghargaan sertifikasi hijau dan terus berhasil mempertahankannya hingga tahun ini,” katanya.

Sertifikasi Industri Hijau, kata dia,  merupakan pengakuan kepada industri yang terbukti melakukan upaya hemat energi, efisiensi bahan baku dan pemanfaatan sumber daya.

Dalam prosesnya, kata dia, suatu industri akan dipantau dari sisi teknis hingga sisi manajemen.

Kementerian mengukur sejauh mana suatu perusahaan menerapkan dan melaksanakan kebijakan industri hijau di lingkungannya. Selain itu, suatu perusahaan akan dipantau sejauh mana program efisiensi energi dijalankan.

Baca juga: Pupuk Kujang lakukan pemulihan hulu dan hilir Sungai Citarum

Sementara dalam menjalankan industri ramah lingkungan, Pupuk Kujang melakukan inovasi untuk mengurangi emisi. Selain itu, juga melakukan hijrah kelistrikan dengan menggunakan listrik bersih yang bersumber dari pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

Ia menambahkan hijrah kelistrikan ini merupakan upaya untuk transisi menuju energi terbarukan.

Listrik EBT adalah listrik nonbatu bara. Listrik itu dihasilkan dari bahan baku yang dapat diperbarui dan rendah emisi. Dengan menggunakan listrik EBT, suatu perusahaan bisa mendapat sertifikat Renewable Energy Certificate (REC).

Baca juga: Pupuk Kujang dan PLN kerja sama penggunaan listrik ramah lingkungan

“Dengan mendapat sertifikat tersebut, Pupuk Kujang terbukti berbartisipasi dalam menjaga ketahanan lingkungan di tengah perubahan iklim dan pemanasan global,” katanya.

Listrik EBT itu adalah listrik yang dihasilkan dari air, panas bumi, bioenergi, hibrid, angin dan surya, demikian Robert Sarjaka.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022