Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan untuk para korban atau penyintas bencana gempa bumi yang tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Bantuan yang kami salurkan ini sebagai salah satu bentuk perhatian untuk meringankan penderitaan para penyintas gempa baik yang tetap bertahan di rumahnya maupun pengungsian," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi pada Jumat, (2/12).

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan oleh relawan lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini berupa hygiene kit, family kit, baby kit, susu bayi, air mineral, terpal, tikar serta paket sembilan bahan pokok (sembako).

Baca juga: Relawan PMI Sukabumi diterjunkan ke Cianjur bantu penanganan pascagempa
Baca juga: PMI Kota Sukabumi salurkan bantuan untuk warga terdampak gempa

Menurut Hondo, dari hasil assessment yang dilakukan relawannya mayoritas penyintas gempa membutuhkan selimut, terpal dan paket sembako. Penyaluran bantuan ini sesuai data yang telah diverifikasi tim posko dan logistik PMI Kabupaten Sukabumi.

Selain menyalurkan bantuan, pihaknya juga tetap menyediakan berbagai pelayanan untuk para penyintas seperti layanan kesehatan, ambulans serta dukungan psikososial atau Physicological Support System (PSP).

Baca juga: Relawan PMI, pantang pulang sebelum penyintas bencana tersenyum

"Korban gempa di Kabupaten Sukabumi cukup banyak yang tersebar di puluhan kecamatan, tentunya mereka pun tetap menjadi perhatian kami. Ke depan, PMI Kabupaten Sukabumi akan kembali menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan para penyintas," tambahnya.

Hondo mengatakan selain memberikan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Sukabumi, pihaknya pun menyalurkan bantuan untuk para korban bencana serupa di Kabupaten Cianjur, selain itu mengirimkan sejumlah relawannya serta ambulans dan bergabung dengan relawan lainnya untuk membantu pemerintah dalam upaya pemulihan warga terdampak bencana gempa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022