Karawang (Antara Megapolitan) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan anggaran perbaikan atau pemeliharaan jalan provinsi di berbagai daerah sekitar Jawa Barat mengalami peningkatan setiap tahun.

"Sebelumnya, anggaran perbaikan atau pemeliharaan jalan raya yang berstatus jalan provinsi di Jawa Barat hanya ratusan miliar. Sekarang, anggarannya sudah triliunan rupiah," katanya, disela tarawih keliling di Masjid Agung Karawang, Senin malam.

Ia menegaskan akan terus memperbaiki kerusakan jalan provinsi yang tersebar di kabupaten/kota se-Jabar. Apalagi saat ini, sebentar lagi akan memasuki musim mudik lebaran. Sehingga perlu segera dilakukan perbaikan jalan.

"Semua jalan provinsi akan diperbaiki, dalam proses perbaikan semuanya," katanya.

Menurut Gubernur, jalan provinsi yang tersebar di berbagai kabupaten/kota panjangnya mencapai sekitar 2.300 kilometer. Sehingga anggarannya cukup besar.

Ia menegaskan, anggaran perbaikan atau pemeliharaan jalan provinsi selalu mengalami peningkatan setiap tahun.

Dicontohkannya, waktu Heryawan menjalani periode pertama menjabat Gubernur Jawa Barat, anggaran perbaikan atau pemeliharaan jalan provinsi hanya mencapai Rp350 miliar.

Pada tahun berikutnya bertambah menjadi Rp500 miliar, dan kini Pemprov Jabar telah mengalokasikan anggaran perbaikan jalan provinsi sekitar Rp1,1 triliun.

"Dari tahun ke tahun, anggaran perbaikan jalan provinsi naik. Jadi itu cukup berhasil. Dengarkan, catat, dahulu kemantapan jalan hanya 84 persen. Sekarang kemantapannya mencapai 98,5 persen, meningkat tidak?," ujarnya.

Pengujian jalan provinsi itu sendiri ditegaskannya tidak dilakukan oleh Pemprov Jabar. Tetapi dilakukan secara langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum

"Jadi kemantapan jalan provinsi itu bukan kata gubernur, tetapi disebutkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum," kata Heryawan.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016