Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, siap membantu pelaku usaha atau investor yang mengalami hambatan saat tengah mengurus perizinan usahanya.

Kordinator Pengawasan dan Pengendalian DPMPTSP Karawang Asep Buchori di Karawang, Jumat, menyampaikan semakin banyak pelaku usaha atau investor yang menanamkan investasinya di Karawang itu cukup bagus.

Atas hal tersebut, pihaknya akan membantu pelaku usaha yang merasa terhambat saat memproses izin usahanya di Kabupaten Karawang.

Baca juga: DPMPTSP Karawang harapkan investasi bisa tingkatkan serapan tenaga kerja

"Semakin banyak pelaku usaha yang mengajukan perizinan di Karawang, tentu ini akan berdampak terhadap capaian investasi, dan tentunya akan meningkat capaian investasi penanaman modal di Karawang," kata Asep.

Ia mengaku sebelumnya telah melakukan pembahasan terkait dengan penyelesaian permasalahan dan hambatan yang biasa dialami pelaku usaha saat memproses izin usahanya.

Dalam pembahasan itu, pihaknya mengundang pelaku usaha yang memiliki kendala dalam memproses perizinan berusahanya melalui OSS RBA.

"Permasalahan bukan dari pemkab, tapi bisa jadi dari internal pelaku usaha. Maka, kita fasilitasi agar permasalahan itu diurai dan dicari solusi bersama," katanya.

Baca juga: DPMPTSP Karawang sebut Mal Pelayanan Publik mudahkan masyarakat

Pemkab Karawang berharap agar semakin banyak investor yang menanamkan investasi di Karawang.

Sementara itu, berdasarkan laporan investasi triwulan III se-Jawa Barat tahun ini, realisasi investasi Karawang mencapai sebesar Rp25,3 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 7.956 orang.

Sesuai dengan data DPMPTSP Karawang, pada 2019, sebelum COVID-19, capaian investasi di Karawang mencapai Rp24,29 triliun.

Baca juga: Pengusaha bisa laporkan instansi di Karawang yang perlambat izin

Namun, mengalami penurunan 31,12 persen pada 2020 karena pandemi COVID-19. Sepanjang tahun 2020, realisasi investasinya hanya mencapai Rp16,73 triliun.

Selanjutnya, investasi mulai naik pada 2021, bahkan melampaui capaian investasi pada tahun 2019, dengan realisasi mencapai Rp26,63 triliun atau naik 59,17 persen dibandingkan tahun 2020.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022