Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan setempat akan membentuk Kampung Keluarga Berencana Perusahaan.

"Kampung KB sudah terbentuk di Karawang. Selanjutnya, kami berencana membentuk Kampung KB Perusahaan," kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan setempat Banuara Nadeak, di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan, pada dasarnya tujuan utama pembentukan Kampung KB Perusahaan bertujuan untuk menggali partisipasi perusahaan yang ada di Karawang terkait dengan program Keluarga Berencana.

Pihak swasta yang dalam hal ini perusahaan memiliki kewajiban untuk membangun desa. Untuk itu diarahkan agar perusahaan membangun Kampung KB Perusahaan.

Saat ini pihaknya masih melakukan persiapan terkait dengan rencana pembentukan Kampung KB Perusahaan tersebut.

"Ada beberapa titik pembentukan Kampung KB Perusahaan. Di antaranya di sekitar Walahar, Curug atau daerah sekitar Purwasari. Sekarang masih dicari tempat yang tepat di antara tiga lokasi itu," kata dia.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Karawang telah membentuk Kampung KB di Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Karawang.

Banuara menyatakan, salah satu dusun di Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok dipilih sebagai kampung KB pertama di Karawang, karena 65 persen keluarga di daerah itu tercatat sebagai peserta KB.

"Kampung KB ini berada di daerah areal pertanian Karawang," katanya.

Ia berharap agar pembentukan Kampung KB bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi peserta KB aktif jangka panjang. Diharapkan pula terjadi pendewasaan usia perkawinan di sekitar kampung KB tersebut. 

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016