Kontingen Kabupaten Bekasi sukses merebut gelar juara umum cabang olahraga berkuda nomor equestrian pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 yang berlangsung di arena berkuda Denvakud, Kabupaten Bandung Barat.

"Alhamdulillah kita sukses menyabet juara umum di nomor ini, berikutnya kita juga mengincar juara umum di nomor pacuan yang akan digelar di Pangandaran," kata Manajer tim berkuda Kabupaten Bekasi Noviardi Sikumbang dihubungi usai pertandingan, Minggu.

Dia mengatakan gelar juara umum dipastikan setelah Kabupaten Bekasi mengemas total lima medali emas, dua perak, dan tiga perunggu hingga hari terakhir perlombaan di nomor equestrian.

Baca juga: Tim Judo Kabupaten Bekasi raih dua perak Porprov Jabar

Posisi kedua ditempati Kontingen Kabupaten Bogor dengan tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu, disusul Kabupaten Cianjur yang meraih dua medali emas, satu perak, dan empat perunggu.

Pertandingan nomor equestrian ini digelar selama lima hari ini dan diikuti enam daerah antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Perlatih berkuda Kabupaten Bekasi James Octavianus Momongan mengaku tidak bisa berkata-kata setelah Kabupaten Bekasi keluar sebagai juara umum di nomor ini.

Baca juga: Pasangan loncat indah Kabupaten Bekasi berhasil raih medali Porprov Jabar

"Ini merupakan capaian yang sangat maksimal dan sangat membanggakan," katanya.

Dia mengaku pertandingan cukup menegangkan khususnya pada detik-detik terakhir sebelum momentum meraih medali emas mengingat pekan olahraga provinsi ini serasa pertandingan level nasional.

"Di nomor show jumping open tadi sangat menegangkan ya, karena memang pesertanya rata-rata atlet nasional juga," ucapnya.

Kunci kemenangan Kabupaten Bekasi ada di ketenangan dan fokus saat bertanding. "Bagaimana para atlet dipacu dalam kecepatan serta dapat melewati rintangan," katanya.

Baca juga: Binaragawan Kabupaten Bekasi sabet emas dan perak Porprov Jabar 2022

Atlet Berkuda Kabupaten Bekasi Reshwara Argya Radinal bahkan berlinang air mata karena terharu usai berhasil melewati sejumlah rintangan dengan setenang mungkin.

"Karena persiapan kita sudah matang jauh-jauh hari. Memang tadi ada tekanan, karena ada target untuk meraih medali emas. Di awal memang sudah dapat clean dalam melewati rintangan. Memang saya merasa tertekan, tapi alhamdulillah hasilnya emas," kata dia.(KR-PRA)

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022