Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia karena anggaran di daerah itu telah disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis mengatakan kalau sebelumnya, pada Juni 2022, Pemkab Purwakarta dinyatakan meraih Predikat WTP oleh BPK RI.

Atas prestasi tersebut, pada hari ini, bupati menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Prosesi penyerahan penghargaan dilakukan di Bale Nagri, Komplek Perkantoran Setda Purwakarta.

Baca juga: Bupati Purwakarta terima dua penghargaan dari Kemendes PDTT

Bupati menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab melalui penghargaan itu.

Menurut dia, hal tersebut menunjukkan bahwa laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2021 telah disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

"Atas raihan penghargaan ini, kami meminta agar para kepala perangkat daerah tetap bersikap kooperatif dan proaktif, serta dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi WTP. Tentunya dengan tetap melakukan perbaikan terhadap temuan-temuan yang ada," kata Anne.

Baca juga: Pemkab Purwakarta raih anugerah kualitas pengisian JPT 2021 dari KASN

Menurut dia, selama proses audit, mulai dari audit pendahuluan, audit terinci sampai dengan penyerahan hasil audit, apabila terdapat tanggapan yang kurang dan menjadikan tidak berkenan, atas nama Pemkab Purwakarta pihaknya menyampaikan permohonan maaf.

Ia berharap agar penghargaan dapat menjadi motivasi jajarannya untuk terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan laporan keuangan.

Dikatakannya, raihan predikat diraih berkat kerja sama semua pihak. Selama ini semua perangkat kerja daerah, baik eksekutif maupun legislatif telah bekerja sesuai koridor dan aturan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah.

Baca juga: Pemkab Purwakarta kembali terima penghargaan daerah tertib ukur dari Mendag

"Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan lagi pengelolaan keuangan, prinsipnya pengelolaan keuangan harus transparan dan tentunya prinsip akuntabel harus dipegang oleh seluruh pihak," kata Anne.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022