Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat, Dani Ramdan mengingatkan anggota panwaslu kecamatan terpilih untuk menjaga integritas saat menjalankan tugas mengawasi tahapan Pemilu 2024.

"Selamat untuk anggota panwaslu kecamatan yang baru saja dilantik. Kami berharap ke depan, anggota panwaslu kecamatan dapat bekerja maksimal sesuai dengan tugas yang diemban dan menjaga integritas," katanya usai pelantikan anggota panwaslu kecamatan, di Cikarang, Jumat.

Dia meminta 69 anggota panwaslu kecamatan yang dilantik bekerja netral, menjaga integritas, dan profesional dalam melaksanakan aturan-aturan pengawasan pemilu.

"Karena apabila pengawasan tidak serius dilakukan, tidak profesional, dan tidak independen, maka pertaruhannya masa depan Kabupaten Bekasi. Dalam perjalanan pasti akan ada ujian, godaan, dan tantangan, tetapi kuncinya integritas dan profesionalisme," katanya.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bekasi tetapkan 69 anggota panwaslu untuk 23 kecamatan
Baca juga: Bawaslu Bekasi seleksi 459 pendaftar panwaslu kecamatan

Dani berharap anggota panwaslu kecamatan mampu berkontribusi terhadap suksesnya pemilu dengan beberapa indikator, antara lain, adanya peningkatan partisipasi pemilih, penyelenggaraan jujur, adil, demokratis, terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat sesuai harapan masyarakat.

"Dengan tiga indikator itu, insyaallah pemilu kita akan menjadi terbaik dan membawa perubahan yang lebih bermakna bagi Kabupaten Bekasi khususnya, Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya," ucapnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri mengatakan setelah dilantik, maka puluhan anggota panwaslu kecamatan langsung diterjunkan untuk membantu bawaslu di tingkat kecamatan.

Baca juga: Panwaslu Bekasi tangani 11 perkara Pilkada

"Kalau panwaslu kecamatan udah dilantik, artinya tahapan penting pemilu sudah di depan mata. Mereka langsung membantu kami di tingkat kecamatan sesuai ritme tahapan-tahapan pemilu seperti sekarang, yaitu proses verifikasi faktual, pemutakhiran data pemilih, dan lainnya," kata dia.

Bawaslu Kabupaten Bekasi menyelenggarakan pelantikan dan pembekalan 69 anggota panwaslu di Hotel Sunerra Antero Jababeka, Jumat (28/10) siang sebagai bagian dari tugas pengawasan setiap tahapan Pemilu Serentak 2024.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022