Bandarlampung (Antara Megapolitan) -  Provinsi Lampung mendapat kehormatan sebagai tuan rumah (lokasi) Perhelatan Akbar Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional (level-F), yang dikemas dalam event Kejuaraan Nasional Arung Eram (R4) Sungai Sekampung, Lampung 2016.

Kepastian itu disampaikan oleh Sekretaris Pelaksana, Letda Mar Ganteng Prakoso, saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, di Bandarlampung, Rabu (18/05/2016).

Menurut Ganteng Prakoso, Perhelatan nasional tersebut akan dibuka oleh Majend Mar Buyung Lalana (Komandan Korps Marinir), selaku Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia pada Tanggal 27-29 Mei 2016.

Acara itu akan dipusatkan di Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, sekitar 100 Km sebelah Barat Kota Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung.

Pemanasan PON

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menambahkan, perhelatan tingkat nasional ini di samping sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi atlet, juga sebagai pemanasan menjelang Eksebisi PON XIX tahun 2016.

Di samping itu, katanya lebih lanjut sebagai media promosi pariwisata arung jeram di Provinsi Lampung, mengingat Provinsi Lampung memiliki potensi wisata sungai yang bagus namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Secara teknis, Kejurnas arung jerang ini meperlombakan katagori yaitu Sprint, Head to Head, Slalom, dan Down River Race.

Berita terkait: Gubernur Lampung Ridho Ficardo Promosikan Wisata Lampung Ke 1.477 Dokter.

Letda Mar Ganteng Prakoso menambakan bahwa di samping lomba, juga akan diselenggarakan Judges Workshop Sekolah Arung Jeram FAJI Team Registration pada Tanggal 25 dan 26 Mei 2016 untuk Official Training Run, Captain Meeting Sprint, dan Head to Head Race yang berlangsung di lokasi Opening Ceremony.

Para peserta lomba terbuka untuk umum, baik Perkumpulan/Klub, Pemprov/Kab/Kota, juga tim dari Anggota TNI/POLRI seluruh Indonesia.

"Bagi para pemenang akan diberikan Tropy, Piagam, serta hadiah berupa uang pembinaan," demikian Ganteng Prakoso mengakhiri pembicaraanya. (RLs/MTh).

Pewarta: Diskominfo Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016