Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah memasuki tahap akhir. Secara umum progresnya telah mencapai 88 persen.

"Progres kereta cepat Jakarta-Bandung sudah 88 persen, saat ini kita benar-benar mendekati tahap akhir untuk konstruksinya," ujar Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Tegal Luar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Kamis.

Ia mengatakan konstruksi pada tahap akhir menyangkut masalah subsistem, track, listrik aliran atas, persinyalan, commisioning dengan Kementerian Perhubungan, dan sebagainya.

Baca juga: Dedi Mulyadi minta perusahaan proyek KCIC perbaiki rumah rusak akibat pembangunan terowongan
Baca juga: Jasamarga tuntaskan pemasangan gelagar jembatan Tol Japek II Selatan di Ramp 2

Hal ini merupakan pekerjaan yang persentasenya kecil namun sudah masuk masa interfacing, jadi membutuhkan koordinasi dengan masing-masing kontraktor karena satu lokasi lahan bisa digunakan oleh lebih dari dua kontraktor.

Selain itu juga koordinasi dengan sejumlah kementerian seperti Kementerian Perhubungan dan sebagainya dinilai penting dalam tahap ini. 

Dengan dibangunnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Jokowi mengharapkan mobilitas orang dan barang akan meningkat dan cepat. Hal itu juga akan meningkatkan daya saing perekonomian.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KCIC: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung memasuki tahap akhir

Pewarta: Aji Cakti

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022