Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Garut memeriksa urine ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Garut, Jawa Barat, untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (narkoba) di lingkungan pemerintahan.

"Hari ini dilaksanakan juga skrining deteksi dini penyaluran narkoba di lingkungan ASN, lingkungan pekerja pemerintah," kata Kepala BNN Kabupaten Garut AKBP Yus Danial saat kegiatan tes urine ASN di Sekretariat Daerah Pemkab Garut, Senin.

Ia menuturkan pemeriksaan secara dini dengan tes urine dilaksanakan oleh Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GNPN) Garut dengan tujuan menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkoba.

Baca juga: Karawang disebut daerah yang berpotensi tumbuhkan jaringan narkoba

Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemkab Garut untuk mendukung program dalam rangka ASN bebas narkoba.

"Tentu ini bagian dari komitmen selaku Ketua Satgas, saya menjadikan Kabupaten Garut baik dari PNS maupun dari desa, desa bersinar (bersih dari narkoba) ini adalah usaha-usaha preventif yang dilakukan oleh Pemda Garut dan BNN," kata Bupati.

Ia menyampaikan pemeriksaan urine terhadap ASN itu dilakukan secara mendadak sehingga cukup banyak ASN yang diperiksa dan diharapkan semuanya bersih dari narkoba. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022