Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berkomitmen untuk mendukung kebijakan nasional terkait peningkatan penggunaan produk lokal untuk memenuhi kebutuhan di daerah.

"Kami dari Pemkab Karawang siap untuk mendukung kebijakan nasional, karena peningkatan penggunaan produk lokal akan sangat membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, penggunaan produk lokal dibutuhkan demi peningkatan produktivitas dan kualitas perekonomian.

Baca juga: Pengusaha katering di Karawang didorong gunakan produk UMKM lokal

Atas hal itulah, pemerintah daerah diwajibkan untuk mengangkat produk-produk lokal dalam negeri, khususnya UMKM dalam memenuhi kebutuhan di daerah.

"Apalagi seperti di daerah kita, banyak memiliki produk UMKM, kerajinan lokal, hingga ekonomi kreatif yang bisa kita prioritaskan kepada seluruh aparatur di Karawang, sehingga kita juga bisa menaikkan ekonomi masyarakat di daerah kita," katanya.

Bupati menyampaikan, upaya peningkatan penggunaan produk lokal akan dilakukan, karena itu adalah arahan Presiden Joko Widodo terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Baca juga: Masyarakat Karawang diajak mencintai dan belanja produk UMKM

Beberapa hari lalu, Cellica menghadiri kegiatan Bussiness Matching, yang merupakan forum sharing yang mempertemukan pemerintah daerah dengan produsen barang dalam negeri.

Di antara tujuan kegiatan itu ialah agar pemerintah daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah di daerahnya masing-masing.

"Kami siap untuk melakukan peningkatan penggunaan produk lokal," kata bupati. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022