Rektor IPB Arif Satria menyampaikan olahraga memiliki tiga manfaat sekaligus yang perlu dipandang serius untuk gerakan kesehatan, pembangunan dan pemersatu masyarakat, termasuk melalui komunitas-komunitas di kampus. 

Usai menghadiri lokasi penyambutan peserta lomba gowes 59 kilometer pada rangkaian Dies Natalis ke-59 IPB di kampus IPB Baranangsiang, Minggu, Arif Satria yang juga Dewan Penasihat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan pembangunan sarana olahraga di kampusnya terus dilakukan hingga kini telah memiliki lapangan bulu tangkis yang berstandar terbaik di Bogor. 

"Silakan main ke kempus IPB Dramaga, menurut pakarnya, GOR IPB sudah sangat baik untuk bulu tangkis. Selain itu IPB punya klub-klub olahraga untuk mahasiswa, alumni dan dosen. Jadi kita kampus yang juga konsentrasi terhadap kesehatan sumber daya manusia di dalamnya," kata Arif. 

Menurut dia, selain menyehatkan, olahraga juga dapat merekatkan kebersamaan para alumni, mahasiswa dan dosen asalkan dikemas dengan menyenangkan dan melibatkan banyak peserta. 

Olahraga yang menggalang banyak orang dalam suatu kegiatan, kata Arif, biasanya menggerakkan pembangunan di wilayah sekitar tempat lokasi olahraga tersebut. 

Kali ini, kata dia, Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan bersepeda santai sepanjang 59 kilometer dari Tugu Monas, Jakarta ke kampus IPB Baranangsiang yang dibuka untuk 100 orang alumni sebagai kampanye kesehatan. 

IPB juga telah memiliki klub persatuan golf alumni, klub tenis alumni, olahraga pernafasan Bio Energi Power, klub lari maraton dan klub gowes. Sementara klub bulutangkis segera dibentuk karena telah memiliki fasilitas yang memadai. 

Ketua Himpunan Alumni IPB Walneg S. Jas mengatakan siap mendorong terbentuknya klub bulutangkis sebagai olahraga yang strategis di lingkungan kampusnya. 

Selain itu, olahraga populer lain seperti gpwes, lari maraton juga akan terus diselenggarakan setiap tahun sebagai kampanye hidup sehat kepada seluruh mahasiswa, dosen dan alumni IPB. 

"Lari maraton akan kita buka untuk lebih banyak peserta tahun depan, hari terbentuk klub sepeda dan nanti sesuai yang disampaikan pak rektor ingin ada klub badminton," kata Walneg. 


.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022