Bandung (Antara Megapolitan) - Panitia Besar PON XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat segera meluncurkan lagu resmi "Berjaya di Tanah Legenda" pada gelaran hitung mundur 111 hari menjelang perhelatan pesta olahraga empat tahunan itu.

"Lagu resmi PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016  telah rampung, dan secepatnya akan diluncurkan dan disosialisasikan kepada masyarakat Indonesia," kata Wakil Gubernur Jawa Barat H Deddy Mizwar di Bandung, Kamis.

Lagi Berjaya di Tanah Legenda aransemennya digarap oleh musisi nasional Dwiki Dharmawan sedangkan liriknya digarap oleh budayawan Eddy D Iskandar.

Rencananya lagu resmi PON XIX/2016 itu akan diluncurkan  pada perhelaran 111 hari menjelang PON XIX/2016 Jabar yang akan digelar akhir Mei 2016 di Kota Bandung. Lagu yang menuangkan serta membangkitkan spirit perhelatan PON dan Peparnas di Jawa Barat itu juga telah visualisasikan dalam media visual yang nantinya menjadi ujung tombak sosialisasi kepada masyarakat.

"Lagu itu dipadukan dengan karya visual yang nantinya akan menjadi bagian dari sosialisasi dan iklan layanan masyarakat yang akan menyampaikan pesar bahwa PON XIX/2016 akan digelar di Jawa Barat dengan tema besar Berjaya di Tanah Legenda," kata Deddy Mizwar.

Secara khusus Deddy bersama tim kreatif dari Bidang Upacara, Bidang Promosi dan Usaha dan Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media telah menyaksikan kolaborasi audio visual video layanan masyarakat dengan lagu Berjaya di Tanah Legenda di Sekretariat PB PON XIX/2016 di kawasan Gedung Sate Kota Bandung.

"Nantinya lagu dan video ini akan hadir di tengah-tengah masyarakat melalui televisi. Intinya kami menyampaikan pesan bahwa PON XIX/2016 akan digelar di Jabar," kata Wagub.

Menurut Deddy Mizwar, lagu Berjaya di Tanah Legenda akan memberikan spirit bagi Jabar dan juga peserta PON XIX/2016 untuk menghadirkan prestasi dan menjadi legenda baru di bidang olehraga.

Selain itu sosialisasi maskot sepasang Surili yang diberi nama "Lala dan Lili" juga akan terus digencarkan kepada masyakat dengan menghadirkan dua karakter tersebut di sejumlah agenda kegiatan masyarakat.

Selain akan menggulirkan lagu resmi Berjaya di Tanah Legenda, PB PON XIX/2016 Jabar juga akan meluncurkan yel-yel resmi PON XIX/2016.

Sementara itu Manager Kreatif Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar Satria Yanuar Akbar menyatakan, kehadiran lagu PON XIX/2016 serta yel-yel resmi PON itu sangat penting untuk menggelorakan PON XIX/2016 kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Satria menyebutkan untuk kegiatan hitung mudur 111 Hari menjelang PON XIX/2016 akan dikemas dengan melibatkan masyarakat. Berbeda dengan sebelumnya, fokus perhelatan hitung mundur itu akan lebih menghadirkan PON XIX/2016 Jabar di kalangan anak-anak muda.

"Melalui perhelatan hitung mundur 111 hari menjelang PON XIX dan Peparnas XV/2016 nanti kita akan lebih gugah kepedulian generasi muda kepada perhelatan olahraga itu," katanya.

Selain mengerahkan media cetak dan elektronik, para kesempatan yang akan digelar pada akhir Mei 2016 mendatang, akan melibatkan sejumlah stasiun radio siaran yang ada di Jawa Barat. Dengan mengerahkan seluruh OB Van mereka, akan hadir di sejumlah titik di Bandung Raya dan secara serempak menyebarluarkan kegiatan sosialisasi PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016.

"Insya Allah sejumlah radio siaran sudah menyatakan kesiapannya, nantinya mereka akan melakukan siaran langsung di beberapa titik Kota Bandung dalam satu waktu," kata Satria Yaniar Akbar menambahkan. (Ant).  

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016