Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Senam jantung sehat Nusantara secara virtual yang dilaksanakan serentak di 42 cabang PERKI Se-Indonesia.

Ketua Panitia senam jantung sehat PERKI Depok, Dr. Primasari Ragawanti SpJP., FIHA usai senam jantung sehat di Depok, Minggu mengatakan selain untuk memcahkan rekor MURI, pelaksanaan senam sehat jantung ini juga untuk memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September 2022. 

"Rekor Muri dilakukan secara virtual langsung bersama-sama yang diikuti sekitar 10.000 orang," ujar Primasari.

Senam Nusantara PERKI dilakukan serentak terpusat di Gelora Bung Karno (GBk), Senayan, Jakarta.

Senam yang dilaksanakan di lokasi Podomoro Golf View, Depan Studio Faraiqa PGV, Cimanggis Kota Depok, Minggu ini peserta senam menggunakan dress code baju warna merah.
 
Selain senam juga dilakukan acara lomba yel-yel, talkshow, edukasi kesehatan, cek tensi tekanan darah, dan cek kolesterol gula darah. "Tak lupa ada door prize yang istimewa bagi para peserta," katanya. 
 
Ketua Panitia senam jantung sehat PERKI Depok, Dr. Primasari Ragawanti SpJP., FIHA dan Ketua PERKI Kota Depok, Dr.Dian Zamroni SpJP (K) FIHA FAsCC (kanan ke kiri) ketika memberikan keterangan kepada wartawan. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Primasari mengingatkan kepada warga untuk mengenali sejak dini penyakit jantung agar bisa ditangani lebih awal. Karena saat ini penyakit jantung merupakan pembunuh nomer satu di dunia maupun di Indonesia.

Untuk itu perlu dilakukan pendeteksian dini penyakit jantung tersebut agar jantung tetap sehat. Sehingga penting pola hidup sehat dijalankan sejak dini.

Sebenarnya penyakit jantung bisa dicegah agar tidak terjadi komplikasi yang lebih berat. Saat ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang penyakit jantung.

Primasri mengingatkan masyarakat untuk memenuhi gizi seimbang, saat ini makanan kita banyak yang tidak memunuhi gizi seimbang, tidak merokok, hindari stres, awasi tekanan darah,  dan teratur berolahraga.

"Olahraga juga harus disesuaikan dengan usia, jika sudah lanjut usia olahraga ringan-ringan saja," katanya.

Sementara itu Ketua PERKI Kota Depok, Dr.Dian Zamroni SpJP (K) FIHA FAsCC, mengatakan pola hidup sehat itu penting untuk menjaga kesehatan jantung. "Dengan perayaan ini kita bisa menanamkan pola hidup sehat," katanya. 

Kami berharap warga dapat menjaga jantung kita agar tetap sehat dengan berolahraga. Jantung adalah organ yang penting dalam tubuh.

"Begitu ada keluhan dadanya sakit , rasa tidak nyaman, menjalar kelengan kiri, punggung keleher atau ke rahang, inti perlu hati-hati karena ini merupakan tanda serangan jantung. Begitu juga dengan nyeri ulu hati. Segeralah pergi ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut," kata Dian Zamroni mengingatkan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022