Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncur Desa Wisata Candirejo yang diharapkan menggerakkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi pemuda di wilayah ini.

Bupati Kulon Progo Sunaryanta di Gunungkidul, Kamis, mengatakan peresmian Desa Wisata Candirejo ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami berharap pengelola desa wisata juga memanfaatkan teknologi untuk sarana promosi. Generasi muda harus mampu menjadi garda terdepan dalam percepatan pengembangan Desa Wisata Candirejo, sehingga tidak hanya mendongkrak Ekonomi, tapi juga menciptakan lapangan kerja baru," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan di era transformasi teknologi, digitalisasi, saya berharap masyarakat mampu beradaptasi. Gunakan teknologi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemasaran UMKM, sehingga tidak hanya dinikmati warga lokal tapi juga warga luar.

"Kami berharap perkembangan Desa Wisata Candirejo diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat sekitar," harapnya.

Lurah/Kades Candirejo, Renik Warisman mengatakan wilayahnya memiliki potensi wisata yang beragam. Mulai wisata telaga, wisata edukasi, kebun anggur, kebun kelengkeng lengkap dengan potensi UMKM.

“Desa Candirejo memiliki tujuh telaga, 22 potensi UMKM dan banyak sekali spot wisata edukasi,” katanya.

Pewarta: Sutarmi

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022