Purwakarta (Antara Megapolitan) - Kampung Cikawung Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dideklarasikan menjadi kampung peduli sampah, Jumat (22/4), bertepatan Hari Bumi.

Kepala Desa Taringgul Tengah Ade Supriadi, di Purwakarta, Jumat, mengatakan, Kampung Cikawung menjadi kampung di Purwakarta yang dideklarasikan sebagai kampung peduli sampah diwarnai banyaknya barang bekas yang telah dimanfaatkan oleh warga.

Ia mengatakan, di kampung itu warga memanfaatkan barang bekas menjadi produk yang memiliki nilai. Bahkan, ada sejumlah barang bekas yang menjadi hiasan di setiap halaman rumah warga.

"Hal yang lebih menarik, ada beberapa gang (jalan kecil) di kampung ini yang menuju pintu masuk gang terdapat sebuah `galeri seni sampah`. Semuanya barang bekas dikreasikan menjadi lebih menarik," kata dia.

Ia menyatakan, upaya pemanfaatan seluruh barang bekas tersebut dilakukan atas dasar inisiatif warga setempat beserta mahasiswa asal Purwakarta.

"Inisiatif warga yang menginginkan agar keberadaan kampungnya bisa lebih menarik, dengan memanfaatkan barang bekas," kata Ade.

Di antara tujuan dideklarasikannya Kampung Cikawung Taringgul Tengah sebagai kampung peduli sampah ialah untuk membangun kampung agar lebih bersih serta meningkatkan kreativitas masyarakat.

"Deklarasi kampung peduli sampah dipilih, Jumat ini, karena tanggal 22 April bertepatan dengan peringatan Hari Bumi," kata dia.
(Adv).

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016