Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut saat ini banyak daerah menyelenggarakan Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI untuk merangkul semua pihak dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bima Arya mengatakan hal itu di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu, usai kirab Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter kali 6 meter dari Balai Kota Bogor melewati Istana Bogor hingga ke lapangan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Kota Bogor.

"Di Indonesia ini yang pertama, sekarang sudah mulai banyak. Satu bulan penuh dimerahputihkan simbol dari kebersamaan, menjaga agar Kota Bogor tetap 'on the track' di tengah. Kota Bogor tetap Pancasila dan NKRI. Jangan sampai ditarik ke kanan ke kiri," ujar Bima.

Ia menyatakan bahwa Kirab Merah Putih menunjukkan kebersamaan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang kompak meskipun berbeda-beda latar belakang. Kirab Merah Putih ini menjadi ajang edukasi semangat nasionalisme bagi masyarakat.

"Simbolnya sarat dengan nilai nilai ketika kita mengerek bendera dari Balai Kota ke titik ini. Karena mengerek yang di bawahnya berwarna-warni," kata dia.

Bersama ratusan peserta kirab, Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Danrem 061 Suryakencana Bogor Brigjen Rudi Saladin, Dandim 0621 Kota Bogor Letkol Inf Ali Akhwan, Wakapolresta Bogor Kota AKBP Fedry Irawan serta para tokoh lintas agama dan beberapa pejabat Forkopimda lain melangkah dengan penuh semangat mengenakan baju merah putih lengkap dengan ikat kepala khas Sunda dengan warna yang sama.

Wali Kota Bogor itu berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan yang penuh arti untuk memperkuat semangat kebangsaan.

Di Kota Bogor, kata Bima, merah putih menghiasi kota selama sebulan penuh selama Agustus 2022. ribuan umbul-umbul sudah terpasang sejak awal, upacara bendera dilakukan setiap hari, pesta rakyat dan festival UMKM juga menghiasi kemeriahan HUT Ke-77 RI ini.

"Setelah sekian purnama tertunda, akhirnya kegiatan kebanggaan kita hari ini akhirnya terselenggara. Ini bukan kegiatan biasa pak danrem, ini hanya satu-satunya di Indonesia, satu penuh merah putih berkibar di seluru penjuru kota, ini juga bukan seremoni belaka tapi ini kebersamaan kita," kata Bima.

Baca juga: Presiden Jokowi lepas Kirab Merah Putih dari depan Istana Merdeka pada Minggu pagi
Baca juga: Puluhan ribu masyarakat gelar kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter
Baca juga: Kain merah-putih berukuran 100 x 5 meter diarak keliling Bogor
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022