Duel All Indonesia Semifinal di Kejuaraan Dunia 2022 antara ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, kembali dimenangi oleh pasangan berjuluk The Daddies seperti yang terjadi pada edisi 2019.

Pada pertandingan yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Sabtu, Hendra/Ahsan mengemas kemenangan rubber game 23-21, 12-21, 21-16 atas juniornya. Hasil ini mengirim mereka menuju partai puncak, sementara Fajar/Rian harus puas dengan menyabet medali perunggu keduanya di ajang ini.

Pertarungan antar rekan senegara ini berlangsung seru pada gim pertama. Keunggulan yang sejak awal hingga masuk interval kedua dipegang oleh peringkat lima Fajar/Rian, mendadak ditikung oleh The Daddies.

Fajar/Rian sejak awal melakukan tekanan lewat ritme cepat yang sulit diantisipasi atau memaksa The Daddies mematikan bola sendiri. Fajar/Rian pun mendominasi dengan 7-15.

Baca juga: Dua ganda putra Indonesia berebut tiket final Kejuaraan Dunia BWF

Namun saat berada di gim poin, Fajar/Rian tersusul sebanyak tiga poin dari skor semula 18-20 menjadi 21-20. The Daddies masih mengejar dan akhirnya mengunci kemenangan di gim pembuka.

Pada gim kedua, Fajar/Rian masih menerapkan pola menyerang yang dominan. Sementara Hendra/Ahsan memutuskan untuk bertahan dengan lebih banyak menerima serangan dan pengembalian.

Hendra/Ahsan pun rela kehilangan gim kedua demi mendapat tambahan tenaga untuk kembali bangkit di gim penentu.

Persaingan masih terjadi di gim ketiga, namun kali ini The Daddies memegang kendali permainan lewat pukulan yang akurat dan melayangkan umpan-umpan tipuan. Sementara gaya permainan Fajar/Rian mulai tidak terkontrol dan justru membuat banyak kesalahan.

Hasil dari babak semifinal ini memastikan Indonesia meraih satu medali perunggu, dan berpeluang menyabet satu gelar juara dari nomor ganda putra. Jika ganda putra peringkat tiga dunia ini naik podium, maka akan menjadi gelar juara dunia keempat bagi Hendra/Ahsan.

Baca juga: Dua ganda putra Indonesia bertarung di semifinal Kejuaraan Dunia 2022

Hendra/Ahsan masih menunggu calon lawan di partai puncak, antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty asal India.

Sebelumnya Kemenangan yang diraih ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada babak perempat final, Jumat, memastikan terjadinya pertemuan sesama pasangan Indonesia pada babak semifinal Kejuaraan Dunia 2022.

Pasangan peringkat tiga dunia berjuluk The Daddies itu sudah ditunggu oleh junior mereka, yaitu ganda ranking lima dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang lebih dulu mengamankan tiket babak empat besar.

Kepastian The Daddies ke semifinal Kejuaraan Dunia 2022 didapat setelah mengandaskan ganda putra asal India, MR Arjun/Dhruv Kapila di perempat final.

Baca juga: Fajar/Rian melaju ke babak semifinal Kejuaraan Dunia 2022

Pasangan yang sudah menikmati tiga gelar juara dunia, menang dengan dua gim langsung 21-8, 21-14 lewat penampilan yang solid di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Faktor pengalaman dan kematangan teknik membuat Hendra/Ahsan tampil sebagai pasangan yang bermental juara. Meski sudah berusia di atas 30 tahun --bahkan Hendra baru saja berulang tahun yang ke-38 pada 25 Agustus, namun Hendra/Ahsan mampu mengakali kebolehan Arjun/Kapila yang lebih enerjik.

Setiap perpindahan dan pukulan The Daddies begitu efisien sehingga tidak memaksa mereka mengeluarkan energi yang berlebihan. Beruntung mereka dapat mengakhiri pertandingan dalam dua gim langsung setelah berlaga dalam 29 menit.

Berdasarkan laporan Federasi Badminton Dunia (BWF) di laman resminya, skor pertemuan antara The Daddies dan Fajar/Rian tercatat imbang 2-2. Pertandingan terakhir terjadi di Malaysia Masters bulan Juli yang dimenangkan oleh Fajar/Rian.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022