Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan pelayanan Ultra Sonografi (USG) gratis bagi ibu hamil di wilayah terpencil di daerah ini.

PMI di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu juga akan menggelar pengobatan gratis bagi warga di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Penarik.

Sekretaris Palang Merah Indonesia Kabupaten Mukomuko M Rizon, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu, mengatakan pemeriksaan USG gratis dan pengobatan gratis berjalan sukses berkat kerja sama dengan masyarakat di Desa Sido Mulyo.

Baca juga: Menyemarakkan Hari Kemerdekaan PMI gelar seminar isu perubahan iklim

Kegiatan bakti sosial yang digelar dalam satu hari ini dihadiri oleh Ketua PMI Kabupaten Mukomuko Yandaryat, Sekretaris PMI, dan jajaran serta relawan PMI di daerah ini.

Ia menyebutkan, sebanyak 18 orang ibu hamil di wilayah ini yang mengikuti pemeriksaan USG gratis dan ratusan orang warga setempat berobat gratis.

"Antusias masyarakat di wilayah ini luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan, bersamaan dengan kegiatan bakti sosial itu juga pemerintah desa melalui Puskesmas mengadakan vaksinasi COVID-19 untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah ini.

Baca juga: PMI Kota Tangerang gelar pelatihan "dokter kecil" bagi siswa tangani insiden

PMI setempat dalam tahun ini sebanyak dua kali menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan USG gratis bagi ibu hamil dan pengobatan gratis bagi warga di wilayah terpencil di daerah ini.

"Dulu juga kita mengadakan bakti sosial USG gratis dan pengobatan gratis di wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten, yakni di Desa Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman," ujarnya.

Setelah kegiatan ini, ia mengatakan, PMI akan terus memprogramkan kegiatan pelayanan kesehatan gratis bagi warga yang berada di wilayah terpencil di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022