Sekretaris Daerah Kota Depok, Jawa Barat, Supian Suri menyatakan pemerintah kota terus berupaya menciptakan kegiatan penguatan kesehatan lingkungan yang sehat melalui intervensi Kampung Bersih, Bebas Jentik (Berbatik).

"Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat perlu dukungan semua pihak, terutama masyarakat," kata Supian Suri di Depok, Kamis.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan peran semua pihak sebagai penguatan lingkungan sehat sehingga vektor penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yaitu nyamuk Aedes Aegypti dapat dicegah. 

Untuk itu perlu melibatkan unsur Pentahelix yang terdiri atas akademisi, dunia usaha atau bisnis, komunitas masyarakat, unsur pemerintahan, dan media melakukan komitmen bersama. 

Komitmen tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mendukung penguatan kesehatan lingkungan sehat melalui intervensi Kampung Bersih, Bebas Jentik (Berbatik).

Komitmen tersebut dilakukan dengan penandatanganan bersama seluruh unsur pentahelix.

"Penandatanganan komitmen ini sebagai salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan yang sehat," katanya.
 
Ia mengatakan permasalahan tersebut tidak bisa hanya diselesaikan oleh puskesmas dan tenaga kesehatan saja, melainkan perlu kolaborasi bersama. 

"Yang menjadi faktor utama penyelesaian masalah ini adalah faktor lingkungan dan perilaku hidup bersih, sehingga peran seluruh elemen perlu ditingkatkan," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022