PMI Kota Tangerang Banten bersama Puskesmas Panunggangan Barat menggelar pelatihan "dokter kecil" bagi sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) untuk melatih dalam penanganan insiden kecil di sekolah.

Pelatihan 'dokter kecil' ini, salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi 'dokter kecil' di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah, kata Oman Jumansyah Ketua PMI Kota Tangerang dalam keterangannya, Kamis (11/8)..

Dia menjelaskan, dalam kegiatan yang digelar di aula puskesmas Panunggangan Barat itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

Baca juga: 50 relawan PMI Tangerang ikuti pelatihan Tanggap Darurat Bencana
Baca juga: PMI lakukan penyemprotan disinfektan cairan "eco enzim" di lokasi terdampak bencana banjir

Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah, ujar Oman

Lanjut Oman tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi roll model bagi temen-temennya, dilingkungan sekitar kemudian menjadi contoh yang baik dan juga untuk membatu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah peserta melakukan pertolongan pertama.

Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya di saat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Baca juga: PMI Kota Tangerang luncurkan aplikasi untuk buat janji donor darah

"Semoga setelah pelatihan ini bisa berkelanjutan baik ilmu yang di dapatnya bukan sekedar mengikuti kegiatan saat kegiatan ini saja karena supaya bisa bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat kedepannya," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022