Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengimbau warga di setiap kelurahan mulai menyambut dan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) dengan penuh kreativitas masing-masing untuk pertama kali selama dua tahun lebih pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, kepada ANTARA di Bogor, Kamis, menyampaikan pada 2022 ini warga diharapkan dapat merayakan HUT RI dengan perlombaan, menghias kampungnya dan memasang bendera merah putih untuk merekatkan rasa kebersamaan setelah dua tahun pandemi COVID-19 yang sempat membuat ada pengetatan aktivitas masyarakat.

"Kita meminta warga untuk menyelenggarakan HUT RI di masing masing kelurahan secara khidmat dan meriah selama memperhatikan prokes," ujar Dedie.

Baca juga: Polisi-komunitas biker upacara bendera sambut HUT ke-77 RI di Bogor

Dedie menyerukan agar masyarakat memanfaatkan momen HUT ke-77 RI sebagai ajang melepas rindu terhadap keceriaan bersama tetangga masing-masing pada momen hari besar.

Namun demikian, kesadaran bahwa COVID-19 masih ada juga harus dibangun dengan kebiasaan baru yang terbangun pada pandemi COVID-19 yakni protokol kesehatan.

Sementara, sajian perayaan yang difasilitasi Pemerintah Kota Bogor bisa juga dinikmati masyarakat bahkan setiap hari. Rangkaian perayaan terangkum dalam Festival Merah Putih selama satu bulan di Bulan Agustus 2022.

Masyarakat bisa menyaksikan dan dinikmati serta berpartisipasi langsung melihat upacara bendera setiap pagi dan sore hari di Tugu Kujang, balon udara dan merah putihkan Bendung Katulampa.

Baca juga: DPKPP Bogor gelar Festival Kemerdekaan jelang HUT ke-77 RI

Ada pula PHRI Biketour yang telah dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022 diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto serta ratusan pesepeda atau goweser di Kota Bogor.

Kemudian akan ada donor darah pada tanggal 27 Agustus 2022 di Mal BTM, festival produk lokal Bogor pada 20-21 Agustus 2022. Sebelumnya, pada tanggal 31 Juli 2022 panitia Festival Merah Putih telah merah putihkan Lawang Salapan dengan membalut tiang-tiang lawang menggunakan bendera merah putih serta pemasangan 17.845 umbul-umbul merah putih di sepanjang jalan-jalan kota.

Pada puncak hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022, jajaran Pemerintah Kota Bogor pun berencana melaksanakan upacara bendera di lapangan Sempur.

"Upacara penaikan dan penurunan bendera rencana dilaksanakan di Lapangan Sempur. Untuk masyarakat, sekali lagi, meriahkan HUT RI dengan tetap menjaga prokes dan laksanakan vaksinasi booster untuk menjaga imunitas," kata Dedie.

Baca juga: Wali Kota Bogor ajak seluruh masyarakat kuatkan persatuan dan kebersamaan

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan (Disparbud) Kota Bogor Ara Riswara menambahkan bahwa dari tahun ke tahun, kota hujan ini selalu berusaha menyelenggarakan HUT RI semeriah mungkin.

Festival Merah Putih rutin dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan komunitas dan UMKM untuk menghadirkan kreativitasnya dalam membangkitkan semangat kebangsaan yang dibarengi dengan kontribusi terhadap ekonomi masyarakat.

"Semua sudah terangkum di dalam kegiatan Festival Merah Putih. Kolaborasi semua unsur. Masyarakat di wilayah juga diimbau turut memeriahkan bersama di lingkungannya," jelasnya.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022