Sukabumi (Antara Megapolitan) - Anggota DPR RI, Desy Ratnasari mengatakan kaum disabilitas harus tetap produktif agar bisa meningkatkan taraf hidupnya.

"Kekurangan anggota tubuh bukan berarti menghalangi untuk tidak produktif, tetapi harus tetap semangat karena saat ini sudah banyak penyandang disabilitas yang mampu membuat sesuatu yang bisa membawa harum nama Indonesia," kata Anggota Komisi VIII DPR RI, Desy Ratnasari kepada Antara di Sukabumi, Kamis.

Menurutnya, lembaga peduli sosial, pemerintah dan pihaknya pun siap membantu kebutuhan penyandang disabilitas dengan memberikan bantuan alat penopang tubuh seperti kursi roda, tongkat, kaki palsu dan tangan palsu untuk memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Bahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Suara Hati Sukabumi untuk memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Dan tidak hanya alat untk aktivitas sehari-harinya saja, tetapi ke depannya ia mempunyai progam untuk memberikan modal usaha kepada para penyandang disabilitas di Sukabumi.

"Dengan kekurangan yang dimilikinya harus menjadi motivasi untuk bangkit dan semangat. Dan kami yakin, penyandang disabilitas juga mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki orang normal pada umumnya," katanya.

Sehingga kami berupaya untuk memberikan bantuan usaha, agar kekurangannya itu tidak dimanfaatkan orang lain untuk mencari belas kasihan di jalan.

Sementara itu, Dewan Penasehat LKS Suara Hati, Dangkih AS Nuklir mengatakan lembaganya ini sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu penyandang disabilitas di Sukabumi.

Bahkan, relawannya langsung melakukan pendataan jumlah warga disabilitas di setiap RW untuk memberikan bantuan seperti kaki dan tangan palsu, kursi roda, tongkat dan lain-lain.

"Bantuan yang kami berikan ini untuk memudahkan mereka melakukan aktivitas sehari-harinya. Karena cukup banyak penyandang disabilitas yang setiap harinya bekerja atau mempunyai usaha sendiri," katanya.

Pada kesempatan itu ratusan penyandang disabilitas di Sukabumi mendapatkan bantuan dari LKS Suara Hati Sukabumi dan Anggota DPR RI, Desy Ratanasari. Bantuan ini juga untuk menyambut HUT Kota Sukabumi ke-102.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016