Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong negara anggota ASEAN dan Amerika Serikat  bekerja sama untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai dan makmur.

Dorongan itu disampaikan Menlu RI dalam pertemuan para menteri luar negeri anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Amerika Serikat yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja pada Kamis (4/8).

"Indo-Pasifik adalah kawasan masa depan kita. Masa depan kita akan tergantung bagaimana kita mengelola Indo-Pasifik," kata Retno Marsudi, seperti disampaikan dalam keterangan Kemlu RI yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menlu sebut persiapan KTT G20 terus berjalan
Baca juga: Menlu Rusia apresiasi peran Indonesia bangun perdamaian internasional
Baca juga: Indonesia-India bahas sejumlah kerja sama bilateral

Pada pertemuan tingkat menteri ASEAN-AS itu, Menlu RI menyampaikan harapan agar pendekatan inklusif, pembangunan rasa saling percaya (strategic trust), penghormatan terhadap hukum-hukum internasional dapat terus menjadi cara pandang dalam kerja sama di Indo-Pasifik.

Retno juga menekankan bahwa bagi Indonesia dan ASEAN, kerja sama konkret dengan semua mitra, termasuk dengan AS, sangat penting artinya.

"Kerja sama-kerja sama tersebut tentunya harus merupakan kerja sama yang saling menguntungkan dan dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran Indo-Pasifik," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu RI: ASEAN-AS jadikan Indo-Pasifik kawasan damai dan makmur

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022