Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Gizi Berimbang dan Aman untuk menyemangati keluarga dalam menjaga ketahanan pangan.

“Lomba yang digelar di aula Pemkab ini diikuti 30 peserta dari perwakilan kecamatan,“ kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat Hanafi, di Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan, perlombaan ini bisa menjadi faktor pendukung keluarga dalam membuat dan mengetahui makanan bergizi.

Selain itu, dengan keluarga menanam sayur mayur hingga buah-buahan, hal itu diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan, khususnya di Karawang.

Baca juga: Makanan khas Karawang akan dikenalkan di hotel dan restoran
Baca juga: Ratusan pelaku kuliner ramaikan festival kuliner Karawang

“Pada lomba ini tentunya memiliki tujuan untuk mengetahui keseimbangan porsi, keanekaragaman bahan, kreativitas, cita rasa dan cara penyajian-nya,“ kata dia.

Kemudian bagi keluarga, hal ini bisa menjadi penyemangat keluarga dalam menjaga ketahanan pangan dengan menanam sayuran atau buah-buahan agar nantinya bisa dimanfaatkan, mulai dari pemanfaatan pekarangan rumah misalnya.

Pada perlombaan tersebut, para peserta diwajibkan menyajikan beragam menu makanan sehari-hari yang terbuat dari aneka bahan pangan lokal seperti pisang, ubi, singkong, jagung, kentang, dan lain sebagainya.

Menu tersebut, kemudian dipadukan dengan sayur, lauk pauk dan buah yang disajikan secara menarik dan unik sebagai makanan dan minuman. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022