Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lari bersama sepanjang 10 kilometer di Kota Bandung, Minggu, setelah rencana tersebut terhalang dua tahun lantaran pandemi COVID-19.  
 
Kedua kepala daerah tingkat provinsi dan satu kepala daerah tingkat itu kota bersama sejumlah pejabat daerah di Jawa Barat bersemangat berlari bersama warga Bandung pada Minggu (24/7) pagi dengan start dan finis di Gedung Sate.
 
Bima Arya menyebut bahwa lari bukan sekadar olahraga tetapi juga ajang silaturahmi yang mempersatukan. 
 
"Pagi ini lari di Pocari Sweat Run Bandung bersama Mas Ganjar Pranowo dan Kang Ridwan Kamil. Start bersama, sempat terpisah ketika lari, kembali bersama di titik finis. Lari aja bisa sama-sama apalagi membangun bangsa," kata Bima Arya.
 
Dalam kegiatan olahraga lari itu, ketiganya bersama-sama Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan, Anggota DPR RI Muhammad Farhan, jurnalis Najwa Shihab, dan sejumlah selebritas lain yang berbaur menjadi satu. 
 
Tepat jam 06.00 WIB, para tokoh ini mulai tancap gas meninggalkan garis batas. Ganjar, Ridwan Kamil, Bima Arya terlihat memulai lari secara bersama-sama.
 
Usai melewati 1 kilometer awal, rombongan mulai terpisah. Ganjar terlihat berlari terus bersama Bima Arya hingga garis finis dengan total catatan waktunya sekitar 1 jam 30 menit. Menyusul 10 menit kemudian Ridwan Kamil memasuki garis finis.  
 
Bima Arya mengaku senang bisa kembali menjadi bagian dalam Pocari Sweat Run 2022 bahkan, Kota Bogor ditunjuk juga sebagai salah satu titik pre-event dalam ajang lari tahunan ini.
 
"Senang sekali karena sudah lama kita tunggu. Yang membedakan tahun ini peserta lebih banyak, sambutan warga meriah. Banyak inovasi di setiap kegiatannya," kata Bima.
 
Senada dengan Bima, Ganjar menyatakan bangga bisa mengikuti kegiatan ini bahkan, dirinya mengaku telah melakukan persiapan yang matang berupa latihan bersama Bima Arya mengelilingi Istana Presiden dan Kebun Raya Bogor.
 
"Untung saja ada Kang Bima Arya yang kemarin sempat latihan bersama, lari di Bogor kira-kira 7 kilometer. Ini adalah pertama kalinya lari terus 10 kilometer, biasanya banyak jalan," ujar Ganjar.
 
Sementara Ridwan Kamil mengatakan, jumlah peserta lari tahun ini mencapai 18.000 orang yang terdiri atas 5.000 peserta dari 167 kota berlari di Kota Bandung pada kegiatan in, dan 13.601 peserta dari 311 kota di Indonesia lari secara virtual.
 
"Tahun ini memecahkan rekor yang daftar dan terdaftar kurang lebih 18.000 pelari. Anda-anda adalah kelompok yang beruntung yang hadir di Gedung Sate Bandung. Hanya 5.000 pelari yang beruntung, 13.000 akan lari di seluruh nusantara," kata Ridwan Kamil kepada para peserta lari.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022