Presiden RI Joko Widodo mengajak anak-anak bermain sulap pada acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, di Taman Teijsmann, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Berdasarkan informasi yang diterima di Jakarta, salah satu anak yang turut bermain sulap bersama Presiden bernama Rizal berani menunjukkan trik sulap bunga bersama Presiden di hadapan teman-temannya.

“Ayo teriak lagi, keras, simsalabim keluar bunga,” ujar Presiden Jokowi.

“Simsalabim, keluar bunga,” tiru Rizal.

Presiden usai acara menyampaikan bahwa trik-trik sulap yang dimainkannya baru dipelajari pagi hari.

Presiden menghadiri Peringatan Puncak Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, di Kebun Raya Bogor, dengan menaiki sepeda dari Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga: HAN momentum tepat optimalkan tumbuh kembang anak

Sesaat setelah tiba, Presiden disuguhi dengan penampilan silat bangau putih yang ditampilkan anak-anak dari Persatuan Gerak Tubuh.

Presiden sesekali memberikan semangat dan apresiasi atas penampilan anak-anak tersebut.

Selain mengajak anak bermain sulap, Presiden mengajukan beberapa pertanyaan kepada anak-anak mengenai pengetahuan terkait flora yang ada di Kebun Raya Bogor.

Presiden menghadiahkan sepeda kepada anak-anak yang berani maju ke depan menjawab pertanyaan.

Pada kesempatan itu Presiden mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional 2022 kepada seluruh anak Indonesia.

Kepala Negara berpesan kepada anak-anak Indonesia agar rajin belajar dan tidak lupa menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan, utamanya memakai masker.

Baca juga: Pemkot Bogor: anak-anak rentan terpapar Covid-19

“Belajar terus ya, belajar, belajar. Jangan lupa berdoa, sembahyang, salat. Ketiga jaga kesehatan, jangan lupa pakai masker di mana pun karena COVID-19 sekarang ini masih ada,” pesan Presiden.

Peringatan Puncak HAN 2022 digelar mengusung konsep edu ekowisata dengan disediakan zona aktivasi anak yang terdiri atas 11 stan area edukasi untuk anak. Dalam zona tersebut, anak-anak dapat bermain sekaligus mendapatkan edukasi dari permainan yang dimainkan.

Sebelumnya Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berpesan agar anak-anak Indonesia terus bersemangat dalam belajar, meraih cita-cita, dan mengukir prestasi.

"Kepada anak-anakku, anak-anak Indonesia di seluruh Tanah Air teruslah giat belajar dan bersemangat untuk meraih cita-cita setinggi-tingginya. Ukir prestasi sebanyak-banyaknya," ujar Wapres dalam video ucapan selamat Hari Anak Nasional yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Wapres mendorong anak Indonesia berkreasi seluas-luasnya dengan memanfaatkan jendela informasi dan perkembangan teknologi karena masa depan Indonesia ditentukan anak-anak sebagai generasi penerus.

Baca juga: KKP bagikan 1,2 ton ikan ke sejumlah kota dalam rangka Hari Anak Nasional

Wapres mengingatkan para orang tua untuk senantiasa menjaga anak dengan penuh tanggung jawab, membangun lingkungan yang aman, sehat, dan kondusif bagi anak-anak sehingga anak-anak Indonesia dapat tumbuh dalam kegembiraan dan menjadi pribadi yang cerdas, tangguh, toleran, dan berakhlak mulia.

Kita merayakan Hari Anak Nasional 2022 sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa, tegas Wapres.

Selamat Hari Anak Nasional. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan untuk mempersiapkan generasi emas penerus masa depan bangsa Indonesia, ujar Wapres.

Untuk diketahui, peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 mengambil tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Melalui tema ini diharapkan anak Indonesia pada situasi pascapandemi COVID-19 terus terlindungi fisik, jiwanya, dan mendapatkan hak-haknya, seperti hak belajar, bermain, dan bergembira.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden ajak anak-anak bermain sulap pada Puncak Peringatan HAN 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022