Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kapolda Metro Jaya IrjenPol Dr. Fadil Imran, beserta jajaran Pejabat Utama Polda Metro Jaya, menggelar kegiatan Qurban Baraqah 2022, agenda tahunan berupa penyaluran daging olahan rendang yang ditujukan untuk warga DKI Jakarta.

“Kami, relawan SiapBergerak merasa bersyukur, tahun 2022 ini, Kapolda Metro Jaya mengikutsertakan relawan SiapBergerak, sebagai tim yang akan bersama-sama anggota kepolisian membagikan 11 ton daging olahan rendang kepada warga DKI Jakarta, selama 3 hari pada 11-13 Juli 2022,” ujar Ketua Program Relawan SiapBergerak Devie Rahmawati, dalam keterangan yang diterima di Kota Depok, Minggu.

Kegiatan diawali dengan kegiatan pemotongan sapi serta aksi memasak rendang oleh Menparekraf, Kapolda dan PJU bersama-sama pelaku UMKM masakan Padang.

Devie menjelaskan SiapBergerak ialah platform digital, yang lahir dari rahim pandemi, sejak mengelola lebih dari 60 ribu relawan dalam 5 serial program Vaksinasi Merdeka sepanjang tahun 2021 lalu. Semangat kerelawanan warga DKI Jakarta terbukti sangat kuat.

Untuk pelaksanaan Kurban Baraqah kali ini kami membutuhkan 100 relawan, namun, pendaftar mencapai lebih dari 500 lebih calon relawan. Di masa lalu, kebutuhan 4500 relawan, jumlah pendaftar mencapai 20 ribu dalam waktu 3 hari.

Sementara itu, Ketua Seksi Relawan Posko Qurban Baraqah 2022 Kompol Supriyanto menjelaskan Polda Metro Jaya meneruskan tradisi yang dimulai tahun 2021 lalu, untuk membagikan daging olahan rendang kepada warga yang tidak mampu di wilayah DKI Jakarta. Kami bermaksud memastikan di hari yang mulia ini, seluruh warga dapat merasakan kebahagiaan yang sama.

Kami juga menyasar warga yang berkebutuhan khusus seperti penyandang disablitas, juga keluarga napi misalnya. Pembagian ini dilakukan di 13 Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Kompol Supriyanto menjelaskan sejarah program Kurban Baraqah berawal dari ikhtiar Kapolda membantu UMKM masakan padang yang terimbas pandemi, dengan memberikan pesanan memasak daging kurban untuk warga DKI.

Tahun ini kami melibatkan 18 UMKM masakan padang di seluruh DKI untuk bersama-sama mengolah rendang. Ini bagian dari program besar Polda Metro Jaya, seperti Kampung Tangguh Jaya, yang memang dihadirkan untuk memberdayakan warga hingga mereka tangguh melewati pandemi seperti pembagian bibit, pelatihan UMKM, pendampingan usaha dan sebagainya.

Sebelumnya Penasihat Program SiapBergerak Vandika Anwari mengatakan SiapBergerak hadir untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan dapat berjalan efisien dari segi biaya dengan pertanggungjawaban yang transparan.

Pengalaman di Vaksinasi Merdeka, terbukti penyelenggaraan vaksinasi dengan biaya per orang (cost per shoot) Rp.1.000 – 10.000, dibandingkan dengan penyelenggaraan lain yang biayanya dapat mencapai Rp. 100.000 - 170.000.

Hal ini dapat terwujud karena kami menggunakan teknologi digital yang didukung oleh negara yaitu PT Telkom Indonesia. Sehingga seluruh proses dari mulai perekrutan, pelaksanaan kegiatan, pelaporan hingga pembayaran insentif, dapat terpantau secara real time, kapanpun dan dimanapun, cashless dan dapat diaudit secara terbuka. Ini upaya kami mendukung program Police 4.0 Polda Metro Jaya.


Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022