Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, memasang jembatan darurat jenis bailey di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, usai bencana longsor dan banjir bandang pada Rabu (22/6).

Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Minggu, menyebutkan pengerjaan jembatan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Jembatan tersebut untuk menggantikan sementara jembatan yang putus terbawa arus.

"Setelah meninjau jembatan yang terputus akibat banjir bandang dan longsor di Purasari Leuwiliang beberapa waktu lalu. Saya meminta Dinas PUPR Kabupaten Bogor untuk ditangani secepatnya," kata dia.

Ia memastikan pembangunan jembatan bailey tak memakan waktu lama, sehingga bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas, karena jalan penghubung antarkampung di Desa Purasari itu memiliki peranan cukup vital.

Iwan berharap, ketika jembatan tersebut rampung dikerjakan dapat membantu kelancaran mobilitas masyarakat, termasuk mempermudah akses masuknya logistik ke permukiman warga.

“Alhamdulillah saat ini pemasangan jembatan bailey segera tuntas. Akses jalan segera tersambung kembali guna kelancaran evakuasi dan mobilisasi bantuan maupun aktivitas masyarakat. Terima kasih atas kerja tim dari PUPR beserta jajaran,” kata dia.

Baca juga: Pemkab Bogor butuh dana Rp4,2 miliar tangani korban longsor dan banjir bandang
Baca juga: Banjir bandang di Bogor seorang warga tewas, satu lainnya hilang

Di samping itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat bahu-membahu membantu warga yang terdampak bencana.

Menurutnya, butuh peran serta semua pihak agar pemulihan pascabencana bisa berjalan dengan cepat.

“Ayo bersama-sama kita bahu-membahu bekerja keras membantu warga Purasari dan Cibunian agar mampu bangkit kembali,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat banjir bandang dan longsor pada Rabu (22/6) di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan dan Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang menelan tiga korban jiwa.

Selain itu, ratusan rumah rusak ringan hingga berat serta memutuskan sejumlah akses jalan dan jembatan.
Pembangunan jembatan darurat di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022