PT KAI memberlakukan pembelian tiket kereta api (KA) Pangrango lintas Bogor-Sukabumi secara daring melalui aplikasi KAI Access dan mitra lain untuk mendukung program pembayaran tidak tunai yang didorong pemerintah mulai Jumat (1/7).
 
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, selain mendukung program pembayaran tidak tunai, pembelian tiket KA Pangrango juga akan meminimalisasi antrean transaksi layanan tiket di loket stasiun.
 
"Selain itu juga untuk meminimalisir terjadinya penumpang tertinggal kereta karena mengantre membeli tiket di loket," kata Eva.
 
Baca juga: Evakuasi longsoran jalur rel selasai, operasional KA Pangrango kembali normal
 
Eva menyampaikan, aplikasi KAI Access dapat diunduh melalui ponsel Android atau iOs dengan sistem pembayaran uang elektronik. Bagi calon penumpang KA Pangrango pembelian tiket secara daring dapat dilakukan maksimal 1 jam sebelum keberangkatan KA. Calon penumpang juga dapat melakukan pemesanan tiket H-30 sebelum keberangkatan.
 
Mitra KAI yang dapat melayani pembelian tiket KA antara lain Kawisata, Indomart, Alfamart, Alfamidi, Tiket.com, Traveloka, pegipegi.com, misteraladin.com, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, VIA, Rodex, Bimasakti, Lunari, Voltras, Pointer, Darmawisata, Oketiket, ATA, Kaha, Finnet, dan Ayoconnect.
 
Sedangkan harga tiket KA Pangrango dari Stasiun Bogor dan Stasiun Sukabumi dengan tarif Rp45.000 untuk kelas ekonomi dan Rp80.000 untuk kelas eksekutif.
 
Baca juga: Mulai 1 Juni, penumpang KA Pangrango dapat naik dari Stasiun Bogor
 
Namun demikian, di lintas Bogor-Sukabumi, masih ada loket melayani pembelian tiket KA secara langsung hanya di Stasiun Bogor Paledang dan Stasiun Sukabumi.
 
Akan tetapi demi kenyamanan bersama, kata Eva, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang agar merencanakan tanggal keberangkatan dan melakukan pemesanan tiket secara daring melalui aplikasi KAI Access.
 
Penumpang yang telah membeli tiket KA Pangrango melalui KAI Access dapat menunjukkan kartu identitas asli sesuai dengan nama yang tertera pada tiket e-boarding pass pada saat keberangkatan.
 
Baca juga: Daop 1 Jakarta berlakukan jadwal baru KA lokal Pangrango Bogor Paledang - Sukabumi mulai 17 Mei 2022
 
Dengan pembelian tiket secara daring, penumpang akan lebih nyaman dalam bertransaksi membeli tiket dimana saja kapan saja tanpa harus berkerumun di loket. Calon penumpang juga dapat memilih sendiri tempat duduk yang diinginkan saat pembelian tiket.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022