Karawang (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, siap menyambut pelaksanaan program strategis nasional berupa proyek kereta api cepat jurusan Jakarta-Bandung dan bandara internasional.

"Kami sudah berkoordinasi ke pemerintah pusat terkait rencana pembangunan kereta cepat dan bandara internasional yang akan dibangun di Karawang," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang Eka Sanatha di Karawang, Kamis.

Ia menyatakan proyek pembangunan jalur beserta stasiun kereta api cepat jurusan Bandung-Jakarta di Karawang tersebut merupakan salah satu program strategis nasional.

Begitu juga dengan proyek bandara internasional yang akan dibangun di Karawang, katanya, itu pun masuk kategori program strategis nasional.

Bahkan, katanya, dengan adanya proyek kereta api cepat, akan ada kota satelit baru, yakni Gedebage Bandung, Bandung Barat, serta Karawang.

"Kami di daerah siap menyambut pelaksanaan program strategis nasional yang dicanangkan pemerintah pusat," kata Eka.

Terkait dengan rencana pembangunan bandara internasional di Karawang, katanya, hal itu sudah bisa dipastikan, sebab ada keputusan Presiden mengenai hal tersebut.

Pemerintah pusat sudah menetapkan kalau selama lima tahun ke depan, proyek bandara hanya akan dibangun di wilayah Panimbang, Ponorogo, Kertajati, serta Karawang.

"Terkait dengan bandara internasional di Karawang, nantinya akan terintegrasi dengan stasiun kereta api cepat yang ada di Karawang," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016