Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo akan memastikan keamanan Presiden RI Joko Widodo saat berkunjung ke negara yang kini terlibat perang, yakni Kiev di Ukraina dan Moskoew di Rusia, di akhir Juni 2022.

Presiden Jokowi dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow untuk menunjukkan kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan terkait dengan perang yang melibatkan dua negara itu usai menghadiri KTT G7 di Jerman pada tanggal 26—28 Juni 2022.

"Dari internal kami sendiri, kami sudah mulai dari beberapa minggu, latihan sampai hari ini. Kami latihan terkait dengan bagaimana kira-kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kami antisipasi," kata Tri ketika dihubungi di Jakarta, Kamis.

Danpaspampres lantas mencontohkan secara teknis pasukannya telah berlatih upaya penyelamatan Presiden manakala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya di kereta api, stasiun, hingga jalan.

Ia mengatakan bahwa pIhaknya juga menyiapkan tim penyelamatan yang biasanya tidak ikut serta dalam beberapa kegiatan Presiden. Tim penyelamatan itu akan menggunakan pakaian dinas lapangan TNI.

Baca juga: Guru besar apresiasi rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia
Baca juga: Presiden Jokowi menyerukan untuk hentikan perang di Ukraina sekarang juga
Baca juga: Presiden Jokowi hubungi Presiden Ukraina Zelensky tegaskan dukungan perdamaian
Baca juga: Presiden Jokowi nyatakan Rusia akan hadiri KTT G20 di Bali
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Danpaspampres pastikan keamanan Presiden saat kunjungi Kiev dan Moskow

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022