Bekasi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, merilis aplikasi Data Pintar yang memuat sejumlah informasi seputar data dasar perencanaan pembangunan di wilayah setempat.

"Produk ini bernama Data Pintar Kota Bekasi yang sudah dapat diakses masyarakat luas melalui aplikasi Playstore yang ada di sistem ponsel berbasis Android," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi Jumhana Luthfi di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, aplikasi itu menampilkan sembilan kelompok data yang memuat 1.600 informasi seputar basis data perencanaan pembangunan di Kota Bekasi.

"Pada aplikasi itu kita bisa melihat luas wilayah di seluruh kecamatan, kepemilikan KTP, laju pertumbuhan penduduk, jumlah pemilik akte kelahiran Kota Bekasi, angka partisipasi murni di setiap jenjang pendidikan, jumlah rombongan belajar, jumlah sekolah, infrastruktur jalan dan lainnya," katanya.

Dikatakan Jumhana, aplikasi Data Pintar itu akan memperbaiki persepsi di masyarakat dan para pemangku kebijakan di Pemerintah Kota Bekasi seputar informasi basis data yang sebelumnya masih beragam.

"Sebelumnya persepsi terkait basis data di Kota Bekasi masih sangat beragam. Sebagai contoh, masih ada pejabat maupun masyarakat yang beranggapan jumlah penduduk di Kota Bekasi saat ini mencapai 2,4 juta jiwa, atau 2,5 juta jiwa, bahkan ada yang bilang Rp2,8 juta jiwa. Itu karena sumber data yang beragam dari sejumlah instansi," katanya.

Namun dengan adanya aplikasi Data Pintar yang dikelola oleh Bappeda Kota Bekasi, semua basis data di Kota Bekasi hanya diakui dari satu sumber tersebut.

"Data yang dirilis melalui aplikasi itu sudah melalui verifikasi Wali Kota Bekasi dan di-update setiap saat oleh instansi terkait," katanya.

Seremonial peluncuran aplikasi itu dilakukan secara sederhana di pelataran parkir gedung Bappeda Kota Bekasi dengan dihadiri perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta pejabat kelurahan dan kecamatan.

Hadir pula dalam kegiatan itu Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua Komisi A DPRD Kota Bekasi Ariyanto Hendrata dan sejumlah pihak terkait.

"Mulai saat ini aplikasi tersebut sudah bisa diakses masyarakat luas. Tinggal di download di Playstore lalu cari aplikasi Data Pintar Kota Bekasi. Semua informasi dasar terkait Kota Bekasi ada semua di sana," katanya.
(Adv).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016