Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan ribuan personel untuk mitigasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2022 yang diperkirakan akan memasuki puncak kemarau pada Agustus mendatang.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam Apel Siaga Satgas Karhutla di Halaman Griya Agung, Palembang, Rabu, menekankan pentingnya seluruh personel satgas untuk mengedepankan mitigasi dibandingkan penindakan.

“Penting untuk tidak membiarkan api membesar. Jadi sebelum membesar, sedapat mungkin harus dipadamkan,” kata Herman Deru pada apel yang diikuti 925 personel satgas.

Apel Siaga ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang juga dihadiri Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto dan sejumlah pejabat perwakilan kementerian/lembaga dan perusahaan Hutan Tanaman Industri dan perkebunan di Sumatera Selatan.

Sejauh ini, Pemprov sudah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana penanganan karhutla ke 10 kabupaten yang terbilang rawan terhadap bencana dengan nilai nominal masing-masing Rp5 miliar.

Dengan bantuan itu diharapkan satgas karhutla di tingkat kabupaten/kota dapat lebih optimal dalam bekerja.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Iriansyah di Palembang, Rabu, mengatakan setelah penetapan status siaga karhutla pada 9 April-November 2022, Sumsel segera menyiapkan personel dan peralatan di 12 kabupaten/kota.

Untuk personel, Sumsel melibatkan TNI/Polri, KLHK, BPBD, Manggala Agni, Regu Pemadam Kebakaran (RPK) hingga masyarakat peduli api (MPA).

Sedangkan peralatan, di antaranya setidaknya empat unit helikopter patroli, empat unit helikopter pembom air, kendaraan operasional, kendaraan pemadam, mesin pompa hingga peralatan komunikasi.

Selain menyiapkan ratusan personel itu, pihaknya juga menyiagakan sarana dan prasarana, di antaranya dua unit helikopter patroli, satu unit helikopter water bombing (pembom air) berkapasitas 4.000 liter. 

Baca juga: BPBD Sumsel petakan tujuh kawasan rawan karhutla 2022
Baca juga: BMKG deteksi 10 titik panas di wilayah barat dan selatan Aceh

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumsel siapkan ribuan personel mitigasi karhutla 2022

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022