Timnas Kosta Rika memastikan tiket terakhir ke final Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Selandia Baru 1-0 pada pertandingan kualifikasi play-off antarbenua di Stadion Ahmed bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Rabu.

Dikutip dari The Guardian, Kosta Rika melengkapi 32 negara yang akan tampil pada putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar yang dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember.

Kosta Rika akan menempati Grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Jepang. Ini akan menjadi partisipasi ketiga berturut-turut bagi Kosta Rika setelah mencapai perempat final pada 2014 dan kemudian tersingkir di babak penyisihan grup edisi 2018.

Pada laga melawan Selandia Baru, Kosta Rika telah menjebol gawang lawan saat pertandingan baru berjalan tiga menit ketika umpan silang dari Jewison Bennette dari sisi sayap kiri mampu dimaksimalkan oleh Joel Campbell sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Australia pastikan tiket ke Piala Dunia 2022 usai kalahkan Peru

Selandia Baru berusaha untuk menyamakan kedudukan dan sempat beberapa kali memberikan tekanan, salah satunya melalui penyerang Chris Wood yang sempat mencetak gol pada menit 39, namun dianulir wasit karena VAR menunjukkan gelandang Matthew Garbett melakukan pelanggaran kepada Oscar Duarte.

Setelah sempat tertekan, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez melakukan tiga pergantian pemain di babak pertama, termasuk masuknya kapten veteran, Bryan Ruiz, tetapi Selandia Baru terus menciptakan lebih banyak peluang.

Harapan Selandia Baru untuk menyamakan kedudukan semakin berat ketika pemain pengganti mereka Kostas Barbarouses harus diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap bek Kosta Rika Francisco Calvo pada menit 69.

Sebelumnya, Australia menjadi negara ke-32 yang memastikan tiket ke final Piala Dunia di Qatar pada 21 November sampai 18 Desember 2022 setelah mengalahkan Peru, 5-4 melalui adu penalti  pada pertandingan playoff antarbenua di Stadion Ahmed bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Selasa (14/6) dini hari WIB.

Kemenangan Australia dipastikan setelah pada tendangan kelima adu penalti dari pemain Peru Alex Valera ke gawang Australia dapat ditepis oleh kiper Andrew Redmayne sehingga skor menjadi 5-4.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 sampai pertandingan berakhir selama 90 menit. Pada perpanjangan waktu 2x15 menit, skor tetap 0-0, sehingga dilanjutkan dengan adu penalti.

Baca juga: Hasil undian playoff Piala Dunia 2022: Italia dan Portugal dalam satu jalur






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kosta Rika segel tiket ke Piala Dunia 2022 usai kalahkan Selandia Baru

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022