Australia memastikan tiket ke final Piala Dunia di Qatar pada 21 November sampai 18 Desember 2022 setelah mengalahkan Peru, 5-4 melalui adu penalti  pada pertandingan playoff antarbenua di Stadion Ahmed bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Selasa dini hari WIB.

Kemenangan Australia dipastikan setelah pada tendangan kelima adu penalti dari pemain Peru Alex Valera ke gawang Australia dapat ditepis oleh kiper Andrew Redmayne sehingga skor menjadi 5-4.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 sampai pertandingan berakhir selama 90 menit. Pada perpanjangan waktu 2x15 menit, skor tetap 0-0, sehingga dilanjutkan dengan adu penalti.

Kiper Redmayne yang disiapkan Australia untuk menghadapi adu penalti baru masuk ke lapangan tiga menit sebelum pertandingan berakhir yang kemudian menjadi pahlawan bagi tin negara kanguru tersebut ke final Piala Dunia 2022.

Redmanye yang berdiri di depan garis gawang menari-nari sambil merentangkan kedua tangannya dengan ekspresi jenaka, untuk mengalihkan perhatian penendang lawan, menirukan gaya kiper Liverpool Bruce Grobbelaar tim itu ketika menjuarai Piala Eropa pada 1984.

Tingkahnya  Redmanye membuat Luis Advincila melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang dan kemudian tendangan Valera ditepis ke luar gawang. Sedangkan, tendangan pertama dari pemain Australia pada adu penalti tersebut juga gagal menembus  gawang yang dijaga kiper Peru.

Di Piala Dinia 2022, Australia akan bermain dalam Grup D bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Tunisia.

Pertandingan playoff tunggal antara peringkat kelima Asia dan Amerika Selatan itu menentukan tim ke-31 putaran Piala Dunia tahun ini.

Sehari kemudian, Rabu dini hari WIB nanti tempat terakhir putaran final akan diperebutkan Kosta Rika dan Selandia Baru dalam playoff antar benua lainnya di Stadion Ahmad bin Ali, demikian Reuters.


Baca juga: Wales akhiri penantian Ukraina selama 64 tahun ke Piala Dunia
Baca juga: Australia besarkan peluang ke Piala Dunia Qatar 2022






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Australia lolos Piala Dunia usai menang adu penalti lawan Peru

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022