Sukabumi (Antara Megapolitan) - Anggota Komisi VIII DPR RI, Desy Ratnasari menggelar lomba cerdas cermat (LCC) tingkat SMA se-Kota Sukabumi, Jawa Baat dalam rangka mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

"Kami sengaja menggelar lomba cerdas cermat tingkat pelajar SMA dengan tujuan agar penyampaian sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan mudah dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Desy kepada Antara di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, setiap pelajar mendapatkan beberapa pertanyaan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara tentang pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan kandungan dari Empat Pilar Kebangsaan itu.

Adapun sekolah yang mengikuti LCC ini yakni pelajar SMAN 2, SMK Plus Pajajaran, SMKN 4, SMK YASPI Syamsul Ulum, SMAN 5 dan MAN 2 Kota Sukabumi.

Selain mengikuti LCC para pelajar juga mendapatkan penjelasan tentang pentingnya membangun sinergisitas antara lembaga eksekutif, legislatif dan ydikatif dan meletakkan pancasila menjadi pondasi untuk membangun harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk bersama-sama menjaga bangsa indonesia dan generasi muda khususnya dari pengaruh arus globalisasi.

"Empat pilar kebangsaan ini merupakan pondasi bangsa. Dan tujuan sosialisasi sejak dini tersebut karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa, sehingga nasib bangsa ini akan ditentukan oleh mereka," tambahnya.

Di sisi lain, Desy mengkhawatirkan kondisi anak-anak khususnya pelajar sekarang yang mulai meninggalkan kebudayaan asli bangsa ini karena terkikis oleh budaya asing yang belum tentu mempunyai dampak positif.

Apalagi di era globalisasi dan dunia gadget, banyak warga yang sudah individualis atau lebih senang dengan kehidupan mayanya, sehingga kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu, ia yang juga anggota MPR RI dan dosen sudah menjadi tugasnya dalam mengubah mindset anak usia dini, yang diharapkan pembelajaran tentang Empat Pilar Kebangsaan ini bisa ditularkan ke orang lain, minimalnya diamalkan oleh individu itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

"Ternyata dengan cara ini, mendapatkan perhatian dari pelajar. Bahkan mereka bisa mudah menyerap ilmu tentang Empat Pilar Kebangsaan," kata pedendang lagu "Tenda Biru" tersebut.

Pada kejuaraan LCC tingkat pelajar SMA se-Kota Sukabumi juara I dimenangkan oleh SMAN 5 Kota Sukabumi, Juara II oleh MAN 2 Kota Sukabumi dan juara III dimenangkan oleh SMAN 2 Kota Sukabumi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016