Bogor (Antara Megapolitan) - Polres Bogor Kota, Jawa Barat akan menurunkan pasukan berkuda untuk membantu pengawalan dan pengamanan Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh (CGM) Street Festival 2016 agar berjalan tertib dan lancar.

"Karena lokasi festival merupakan area bebas kendaraan, maka untuk membantu pengamanan kita turunkan polisi berkuda yang merupakan personel baru di Polres Bogor Kota," kata Kapolres Bogor Kota, AKBP Andi Herindra di Bogor, Jumat.

Dia mengatakan, polisi berkuda merupakan program dari Polres Bogor Kota dalam meningkatkan pelayanan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Selain polisi berkuda, juga ada Si Pobo atau Polisi Bogor yang menjadi maskot Polres Bogor Kota.

"Polres Bogor Kota juga memiliki personel khusus yakni Si Pobo, polisi bersepeda juga akan kita turunkan untuk mengawal Cap Go Meh," katanya.

Menurut informasi terdapat empat polisi berkuda dan 16 polisi bersepeda yang dimiliki Polres Bogor Kota. Polisi-polisi tersebut disiapkan untuk pengamanan di kawasan Car Free Day.

Andi menyebutkan, dalam pelaksanaan Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh Street Festival menimbulkan potensi kerawanan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan masyarakat. Fokus utama pengamanan mengantisipasi tindak kriminalitas, seperti pencopetan, pencurian kendaraan bermotor dan kemacetan.

"Total personel yang dilibatkan sekitar 1.000 lebih, terdiri dari unsur Polres 483 orang, satu pleton dari Satuan Dua Pelopor Brimob, Tim dari DLLAJ, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, pola pengamanan diberlakukan secara tertutup dan terbuka. Personel berkuda dan Si Pobo diturunkan dalam pola pengamanan sistem terbuka, sisanya pengamanan tertutup melibatkan anggota intel.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016