Tim nasional Indonesia menang atas tuan rumah Kuwait 2-1 pada laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional l Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6).

Pemain tim nasional Indonesia Rachmat Irianto yang akrab dipanggil Rian mengatakan bahwa instruksi pelatih Shin Tae-yong saat jeda menjadi kunci kemenangan.

"Pelatih mengatakan bahwa kami harus terus termotivasi untuk memenangkan pertandingan. Kami mesti bekerja keras. Kami mengikuti arahan pelatih, dan alhamdulillah, kami menang," ujar Rian usai pertandingan, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-1. Kuwait unggul lebih dahulu dari gol Yousef Al Sulaiman, sebelum disamakan Indonesia melalui tendangan penalti Marc Klok.

Skuad "Garuda" mengunci kemenangan pada awal babak kedua berkat tendangan Rachmat Irianto.

Kemanangan atas Kuwait tersebut menjadi sejarah baru bagi Indonesia, karena kemenangan ini terjadi setelah 42 tahun, sejak tim nasional Indonesia mengalahkan Kuwait pada 1980. 

Menurut Rachmat Irianto, laga melawan Kuwait sama sekali tidak mudah, bermain di kandang lawan dan pada suhu yang panas yakni 40 derajat selsius.

Dari hasil pertandingan melawan Kuwait, Indonesia berada di posisi kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan tiga pon. Di posisi pertama,  Yordania yang juga memiliki poin tiga setelah mengalahkan Nepal 2-0, tapi memiliki keunggulan dari selisih gol.

Kuwait berada di posisi ketiga serta Nepal di posisi keempat.

Kemenangan atas Kuwait, juga mendongkrak peringkat tim nasional Indonesia pada  ranking FIFA naik satu posisi dari tangga 159 ke 158.

Berikutnya di Grup A, Minggu (12/6) dini hari WIB, Indonesia akan menghadapi Yordania. Lalu, Selasa (14/6), Indonesia melawan Nepal pada pertandingan penutup grup tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong tetapkan 23 pemain Kualifikasi Piala Asia tanpa Egy Maulana Vikri
Baca juga: PSSI pastikan Sandy Walsh dan Jordi Amat tak ikuti kualifikasi Piala Asia 2023
Baca juga: Indonesia tekuk Taiwan 3-0 play off kualifikasi Piala Asia






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rian: Instruksi Shin Tae-yong kunci kemenangan Indonesia atas Kuwait

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022